Personil Ditsamapta Polda Kalbar Evakuasi Pohon Tumbang Yang Menimpa Kabel Listrik

Editor: Redaksi author photo
Personil Ditsamapta Polda Kalbar Evakuasi Pohon Tumbang Yang Menimpa Kabel Listrik
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Cuaca ekstrem akhir-akhir ini sering melanda di Kalbar, seperti yang terjadi pada Kamis (24/02), hujan dan angin kencang menyebabkan sebuah ranting pohon di Jalan Imam Bonjol Pontianak tumbang dan menimpa kabel listrik sehingga menganggu aktifitas masyarakat sekitar.

Peristiwa tumbangnya pohon dan menimpa kabel listris tersebut membuat Personil Piket Samapta Polda Kalbar kemudian dengan sigap menlakukan aksi membantu masyarakat dengan menurunkan personil untuk mengevakuasi ranting pohon tersebut. 

“Ranting Pohon tumbang menimpa kabel listrik sekitar jam 17.20 wiba menimbulkan percikanapi sehingga sangat membahayakan warga masyarakat sekitardapat juga menimbulkan konslet bahkan bisa terjadi kebakaran, mendengar laporan masyarakat   Personil Samapta langsung bergerak cepat dengan membawa peralatan 1 unit kendaraan Khusus Rescue (Crane) dan lakukan evakuasi ranting pohon tersebut,” ujar Kasubid Gasum Polda Kalbar, AKBP Riki. 

AKBP Riki mengatakan, ranting pohon itu tumbang dan menimpa kabel listrik itu lumayan berukuran besar, ketika diterpa hujan dan angin kencang sehinga ranting pohon itu mendadak tumbang, Kasubid Gasum Polda Kalbar memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu ranting pohon hanya mengenai kabel listrik. 

Kasubid Gasum Polda Kalbar menjelaskan evakuasi pohon tumbang dilakukan setelah dikordinasikan dengan petugas PLN dan memastikan aliran listrik aman baru personil Samapta Evakuasi Ranting Pohon.

“Kami juga mengimbau karena seringnya terjadi pohon tumbang akibat angin kencang, kejadian itu tentu harus diwaspadai oleh masyarakat terutama para pengendara yang melintas jalan raya,” terangnya.

Sementara itu, Dirsamapta Polda Kalbar, Kombes Pol Permadi Syahid Putra SIK. MH membenarkan kegiatan personilnya yang mengevakuasi ranting pohon karena posisi sangat tinggi dan menyulitkan sehingga dengan menggunakan 1 unit  Ransus Rescue.

Kombes Pol Permadi Syahid Putra juga menghimbau  kepada masyarakat yang memiliki pohon milik pribadi, jika sudah terlalu tinggi, baiknya dilakukan pemeliharaan dengan mengurangi ranting dan dahannya agar tidak tumbang.

“Dan apabila melihat pohon di tepi jalan umum yang sepertinya mau tumbang, sebaiknya secepatnya bisa dilaporkan kepada dinas terkait," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini