Korbinmas Baharkam Polri Tutup Pelatihan Security Gada Utama

Editor: Redaksi author photo

Korbinmas Baharkam Polri Tutup Pelatihan Security Gada Utama
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)  - Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan (Korbinmas Baharkam) Polri menutup Pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Gada Utama di Hotel The Novena Jalan Setiabudi No 4 Bandung Barat, Jumat (10/12/2021).    

Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri yang diwakili Kombes Pol Gunawan, SIK  Anjak Madya Korbinmas Baharkam Polri menutup secara resmi Pelatihan Security tingkat Gada Utama tersebut.

Dalam sambutan Kakorbinmas Baharkam Polri yang dibacakan oleh Kombes Pol Gunawan Priambodo SIK pada saat penutupan pelatihan security Gada Utama mengatakan bahwa menghadapi tantangan dan menindak lanjuti kondisi yang masih pandemi covid 19 ini sementara produktifitas harus tetap berjalan.

“Maka sebagai manager satpam harus secara cepat merespon dengan penggelaran kekuatan dan bertanggung jawab untuk tetap mendisiplinkan seluruh pegawai dengan protokol kesehatan covid–19, menerapkan aplikasi peduli lindungi di lingkungan kerjanya serta segera dapat menyerap tenaga kerja lulusan SLTA atau sederajat untuk menjadi tenaga satuan pengamanan,” ungkapnya.

Kombes Pol Gunawan Priambodo menegaskan pelatihan yang dilaksanakan ini, hendaknya diarahkan untuk memenuhi kompetensi, tidak hanya mampu memberikan perlindungan fisik suatu instalasi atau kegiatan (plant atau event) dalam menekan kerugian atau kehilangan akibat gangguan keamanan (crime Protection due lost prevention), tetapi juga mampu dihadapkan kepada tantangan sebagai penjamin dalam pengendalian resiko dari ancaman atau gangguan keamanan yang berlangsung dari suatu proses bisnis (business continuity).

“Tujuan pelatihan gada utama diharapkan dapat menghasilkan anggota satpam yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta ketrampilan sebagai manager atau chief security dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya,” ujarnya.

“Tumbuh kembangkan kerja sama yang baik dengan rekan sejawat, patuhilah prosedur dan segala peraturan yang ada serta hindarilah semua bentuk pelanggaran yang dapat merugikan saudara dan orang lain khususnya perusahaan ataupun instansi tempat saudara bekerja,” tegasnya lagi.

Kombes Pol Gunawan, SIK  mengatakan dengan selesainya mengikuti pelatihan ini, maka legalitas sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas yang dilengkapi dengan kartu tanda anggota Satuan Pengamanan (Satpam) kualifikasi Gada Utama dengan jabatan security manager.

“Hendaknya selalu bersikap dan berperilaku profesional dibidang security dan menjadi panutan bagi pihak lain dalam penyelenggaraan pengamanan swakarsa di area kerjanya,” harap Kombes Pol Gunawan, SIK .

Sementara itu  Direktur Utama PT.Graha Yutaka Muda (Gada 86 Security Guard), Rudi Nursoleh, SE mengatakan bahwa Pelatihan Gada Utama yang dilaksanakan selama 1 minggu terhitung mulai tanggal 5 sampai dengan 10 Desember 2021 sesuai dengan ketentuan dalam melaksanakan Pelatihan yang diterapkan Mabes Polri.

“Tetap menerapkan Prokes yang ketat menjalankan 5 M serta peserta wajib masuk melalui aplikasi peduli lindungi dan Alhamdulilah dari pembukaan sampai diakhir penutupan pelatihan ini semuanya berjalan lancar,” pungkasnya. (nn/tim liputan) .

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini