Kesuksesan Warga Jalan Suwignyo Pontianak Bertanam Anggur Di Masa Pandemi Covid-19

Editor: Redaksi author photo

Kesuksesan Warga Jalan Suwignyo Pontianak Bertanam Anggur 
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Kurangnya aktivitas saat pandemi, membuat sejumlah warga di Komplek Citra Andalas Jalan Suwignyo, beramai- ramai menanam anggur di pekarangan rumah, alhasil kini setiap pekarangan rumah warga dan di jalan komplek di tumbuhi pohon anggur yang bisa di konsumsi warga.

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat, jarang ditemui di kota Pontianak, namun buah ini banyak memiliki manfaat yang tidak di ragukan khasiatnya seperti menjaga kesehatan kulit, menyehatkan otak dan di klaim bisa melawan penyakit kanker.

Masa pandemi yang terjadi membuat aktivitas warga pun dibatasi, banyak warga yang harus berdiam diri demi mencegah terjangkitnya covid-19, karna tidak adanya aktivitas itulah yang membuat Anton Komaruddin satu diantara ASN di Dinas Pertanian Kalbar yang juga Warga Komplek Citra Andalas Jalan Suwignyo, mencoba menanam anggur di pekarangan rumah, selain itu dirinya pun kerap membeli anggur dengan rasa yang kurang manis sehingga ia mencoba untuk menanam sendiri agar mendapat hasil yang diinginkan.

"Alhasil pada tahun 2020 lalu saya mencoba mengembangkan anggur kualitas impor, ternyata menghasilkan buah yang cukup manis dan memiliki buah yang cukup banyak," Jelas Anton.

Usai sukses menanam di pekarangan sendiri, Anton pun mulai menyebarkan virus pengangguran kepada warga di sekitar rumah dan di berbagai wilayah di Kota Pontianak.

"Saya pun sudah membuat pengembangan ekonomi pesantren di kubu raya dalam budidaya anggur," Terang Anton.

Sedangkan Anggur yang ia miliki sejauh ini ada 41 jenis yang sudah ia koleksi, ia juga memiliki varian Anggur Asam dari Jawa, dari 41 jenis tersebut pun sudah di kelompokan sebagai tanaman yang bisa dan cocok di budidayakan di kalbar yang termasuk daerah tinggi curah hujan.

"Karna aktivitas menanam anggur di pekarangan tersebut, saya pun terpilih sebagai asn inspiratif yang mewakili kalbar, dengan adanya ini saya berharap virus anggur dapat menyebar pada warga dan asn lain di kalbar," pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini