Hari Pertama Menjabat Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo
 AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy Bersama Ketua MABT Kubu Raya

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy, S.I.K monitor langsung  persiapan kegiatan tradisi sembayang kubur warga tionghoa sekaligus bersilahturahmi bersama Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Kubu Raya Tjung Kong Kian di Jalan Adi Sucipto Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya, Selasa (03/08/ 2021).

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy di dampingi oleh Kasat Intelkam Polres Kubu Raya Iptu Hasiholand Saragih, S.H dan Kanit Intelkam Polsek Sungai Raya Iptu Julianto Kasbowo.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Kubu Raya, Tjung Kong Kian menyambut baik kunjungan Kapolres Kubu Raya selain dalam rangka meninjau persiapan kegiatan warga Tionghoa di Kubu Raya juga sebagai bentuk silahturahmi sebagai Kapolres Baru.

“Saya bersyukur dan berterimaksih atas kunjungan Bapak Kapolres Kubu Raya, semoga kedatangan beliau bisa mempererat silahturahmi dengan masyarakat apalagi beliau pejabat baru tentu kebanggaan kami beliau bisa kunjungi kami,” ungkap Tjung Kong Kian.

Sebelumnya Kapolres Kubu Raya, AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy lakukan Mobiling monitoring situasi Kamtibmas dan giat Masyarakat di Bundaran Supadio dan di sepanjang Jalan Adi Sucipto Kecamatan Sungai Raya dalam masa Pandemi Covid-19 Penerapan PPKM Darurat Berbasis Mikro.

Kemudian dilanjutkan ke Pemakaman Tionghoa di Yayasan Sejahtera Jalan Adi Sucipto Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya.

Kapolres juga bersilaturahmi dengan Pengurus Yayasan Sejahtera Hengky Alias Akiong dan Heskianto sekaligus melakukan peninjauan pembuatan Wangkang (Replika Kapal) Pengangkut Arwah milik Yayasan Bhakti Suci di Lokasi Pemakaman Tiong Hoa Yayasan Bhakti Suci Kecamatan Sungai Raya dalam rangka menjelang pelaksanaan Ritual Sembahyang Kubur Cit Gwee Puah oleh Etnis Tiong Hoa pada Tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut selain bersilahturahmi Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy juga memperkenalkan diri kepada Tokoh Masyarakat sebagai Kapolres Kubu Raya yang baru  mengantikan AKBP Yani Permana. Yang pindah tugas sebagai Kapolres Ketapang.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya meminta kerjasamanya kepada keluarga besar etnis TiongHoa dalam menjaga kamtibmas kondusif wilayah hukum Polres Kubu Raya, apalagi kita masih di masa pandemi dan bagi etnis tioghua apalagi pada bulan ini akan melaksanakan tradisi sembahyang kubur Cit Gwee Puah,” ujar Kapolres.

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy berharap agar sembayang dilakukan cukup didepan halaman Yayasan atau dirumah masing-masing namun dengan Prokes Ketat tentunya, dan pembakaran replika kapal wangkang hanya dihadiri oleh panitia internal Yayasan Bhakti Suci dan tanpa dihadiri oleh masyatakat.

“Hal ini sesuai Surat Edaran Gubernur Kalbar nomor : 2619/KESRA/2021, tanggal 30 Juli 2021 perihal himbauan untuk tidak melaksanakan kegiatan sembhayang kubur dan ritual keagamaan ditempat terbuka tahun 2021,” jelas Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini