PMP Sebagai Perekat dan Penjaga Peradaban Adat Dan Budaya Di Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo
Pelantikan Perkumpulan Merah Putih (PMP) Di Kubu Raya

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Sebagai Wadah berkumpulnya organisasi lintas etnis, Perkumpulan Merah Putih (PMP) dengan beragam etnis dan budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya secara resmi dilantik oleh Bupati Kubu Raya, H Muda Mahendrawan dan Ketua Umum DPP Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat, H Sukiryanto di Aula Hotel Gardenia Sungai Raya, Kamis (29/07/2021).

Terpilih sebagai Ketua DPD Perkumpulan Merah Putih (PMP)Kabuapten Kubu Raya, Edi Suhairul, S.Pd.I atau lebih dikenal Edi Jenggot, Sekretaris Yohannes Adam, dan Bendahara Masita.

Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kabupaten Kubu Raya yang dulunya bernama Forum Budaya Merah Putih telah berdiri sejak 2018 yang lalu dengan berkumpulnya beberapa organisasi adat budaya yang kemudian berkolaborasi dan berkontribusi dalam merawat serta melestarikan budaya leluhur yabg ada di Kab Kubu Raya.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Cawang, M.Pd, ia mengatakan Disdikbud Kabupaten Kubu Raya melalui Bidang Kebudayaan berkewajiban membina organisasi berbasis Kebudayaan ini.

Hal yang sama disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dalam sambutanya Ia mengatakan Perkumpulan Merah Putih Kubu Raya menjadi wadah keharmonisan antar Etnis dan diharapkan dapat terus mempertahankan merawat dan melestarikanperadaban budaya khususnya di Kubu Raya.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan ditemui usai pelantikan menyebut kehadiran PMP merupakan upaya merekatkan sumber daya manusia di Kubu Raya, menurutnya toleransi dan keharmonisan di kabupaten tersebut sudah cukup kuat, sehingga dengan perkumpulan seperti ini diharapkan dapat mempertahankan toleransi yang telah dipegang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ada di Kubu Raya.

"Terlebih di masa pandemic para anggota pmp dapat memberikan spirit protkes dan antusiasme melancarkan program-program pemerintah," ungkap Muda.

Sementara itu Ketua Umum DPP Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat, H Sukiryanto berpesan agar PMP Kubu Raya bisa menjadi percontohan, mengingat baru DPD PMP Kabupaten  Kubu Raya yang dibentuk, setelah ini baru menyusul daerah-daerah yang lain di Kalbar.

"Kami meminta dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten dan Kota yang lain terkait pembentukan Perkumpulan Merah Putih (PMP) sebab menurut saya PMP hadir untuk mempersatukan dan menjalin silahturahmi antara budaya- budaya khususnya yang ada di Kalimantan Barat ini," jelasnya.

H Sukiryanto mengatakan DPD PMP Kabupaten Kubu Raya ini sebagai percontohan, karena mem ang DPD PMP Kab Kubu Raya adalah Kepengurusan ditingkat Kabupaten yang sudah terbentuk dan bersinergis dengan Pemerintah Kabupaten.

“DPD PMP Kabupaten Kubu Raya ini sebagai percontohan semoga Kabupaten dan Kota vyang lain bisa melakukan hal yang sama ini adalah tujuannya untuk kebersamaan dan kebaikan kita semua,” pungkas Sukiryanto. (bian)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini