Lantik DMI Kota Singkawang, H Ria Norsan Berharap Masjid Menjadi Pengembangan Pusat Peradaban Islam

Editor: Redaksi author photo
H Ria Norsan Lantik DMI Kota Singkawang

KALBARNEWS.CO.ID (SINGKAWANG) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H. mengatakan masjid merupakan institusi sentral dalam peradaban Islam dan tidak terpisahkan dari sejarah Umat Islam, Tumbuh dan berkembangnya khazanah pemikiran, keilmuan, serta strategi pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat Islam berawal dari masjid.

Hal itu disampaikanya Ria Norsan usai melantik dan membuka Rapat Kerja Daerah VI Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Singkawang Tahun 2021 di Balairung Kantor Walikota Singkawang, Sabtu (03/07/2021). 

Pelantikan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Singkawang juga dihadiri Wakil Walikota Singkawang, Drs. H. Irwan, M.Si., Ketua TP PKK Kota Singkawang, Pengurus Harian PW DMI Provinsi Kalbar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Pengurus Ormas Islam Kota Singkawang, dan Ketua Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Mempawah, Hj. Erlina Norsan, S.H.,M.H. serta Jajaran Pimpinan Daerah DMI Kota Singkawang.


Selain menjadi basis ideologi dan spiritual umat Islam, masjid juga berperan sebagai wahana untuk memfasilitasi berbagai upaya pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan berbagai bidang.

"Selain menjadi tempat beribadah, kita berharap masjid berfungsi sebagai tempat kegiatan keagamaan umat Islam, serta tempat untuk melaksanakan kegiatan sosial yang bisa memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat di sekitar masjid tersebut," ujar H. Ria Norsan.

H Ria Norsan berharap Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Singkawang mampu mendorong agar masjid tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana ibadah, tetapi juga dijadikan sarana pendidikan, baik Pendidikan Tahfidzul Qur'an (Hapalan Al Qur'an) dan Tahsinul Qur'an (Memperbaiki kualitas bacaan Al Qur'an), maupun pendidikan dasar formal seperti TK, SD dan SMP.

Dikatakannya, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, masjid juga dapat digunakan sebagai tempat vaksinasi bekerja sama dengan TNI Polri maupun pemerintah daerah (pemda) setempat untuk mengsukseskan pelaksanaan vaksinasi.

"Sebagi Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan selamat bekerja dan semoga seluruh pengurus DMI Kota Singkawang dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan memberikan yang terbaik bagi kemaslahatan masjid yang ada di Kota Singkawang," ajak H. Ria Norsan. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini