Kunjungi Pengrajin Tenun Kain Lunggi Sambas

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID ( SAMBAS) -  Babinsa Serka Sumintar menuturkan dan berharap dapat memupuk semangat dan memberikan motivasi kepada pengrajin Tenun Sambas di wilayahnya sehingga tetap eksis dan dapat meningkatkan produksi tenun Tenun kain Lunggi Sambas serta bisa melestarikan warisan budaya nenek moyang di Kecamatan Sambas sehingga bisa berkompetisi dengan produk yang lain, ujar Babinsa. Kamis (10/06/2021)

Budiana pengrajin tenun Kain Lunggi Sambas menjelaskan  bahwa “Proses pembuatan tenun Kain Lunggi ini membutuhkan tehnik, ketelitian, dan kesabaran yang tinggi dan harus berhati-hati dalam menenunya”. Ucapnya. Untuk saat sekarang tidak banyak orang yang berminat untuk mempelajari cara  bertenun apalagi tenun lunggi. Karena untuk menyelesaikan satu buah kain tenun memerlukan banyak waktu dan biaya. Oleh karena itu  kami berharap generasi muda mau tergerak hatinya untuk mempelajarinya agar tidak punah kain tenun lunggi ini.

Disamping itu harapan Budiana bisa menyerap tenaga kerja diwilayah ini sehingga mengurangi pengangguran khususnya di wilayah Kecamatan Sambas.

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi pengrajin tenun dan mengangkat nama desa ini.” Jelasnya. (Tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini