Jalan Merdeka Kabupaten Ketapang Menjadi Kawasan Perdagangan Dan Jasa

Editor: Redaksi author photo

H. Farhan: Jalan Merdeka Kabupaten Ketapang Menjadi Kawasan Perdagangan Dan Jasa

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Jalan Merdeka Kabupaten Ketapang menjadi kawasan perdagangan dan jasa, Hal itu disampaikan Wakil Bupati Ketapang, H Farhan SE,M.Si, saat hadiri sekaligus menyaksikan program bantuan ruang hijau Taman Merdeka yang diserahkan lansung oleh Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga kepada Kepala Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup, Dennery ST, pada Jumat (18/6/2021) Sore.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian pusat kuliner di Kabupaten Ketapang, Wabub mengatakan, bahwa ide tersebut sebenarnya telah digagas dalam dua tahun belakangan ini. Menurutnya, ide ini muncul berangkat dari adanya rasa keterpanggilan untuk menghidupkan kembali kawasan Taman Merdeka, pasalnya kawasan tersebut belakangan menjadi tempat yang kurang berkembang.

Beliau juga menjelaskan, bahwa dari perspektif lingkungan maupun estetika jelas keadaan ini kurang menguntungkan bagi pemilik ruko yang ada di kawasan Jalan Merdeka.

"Hal inilah yang mendasari pembangunan pusat kuliner. Agar tercipta momen yang baik, atau ruang dan waktu bagi publik dan para pihak untuk bersatu, bahu membahu dan berdedikasi untuk mengembalikan image kawasan tersebut," terang Wabub.

Lebih lanjut wabub menjelaskan, jika maksud dan tujuan di atas bukanlah satu-satunya alasan. Lebih penting dari alasan yang ada, menurut Wabub, di Kawasan Jalan Merdeka terdapat potensi pariwisata dan lapangan pekerjaan yang secara otomatis akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Sesuai rencana tata ruang Kabupaten Ketapang, kawasan Jalan Merdeka memang merupakan kawasan peruntukan perdagangan dan jasa. Hal ini penting disampaikan untuk mempertegas komitmen pemerintah daerah bersama mentaati proses, dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku," Tegas Wabub.

Pada kesempatan itu pun, wabub tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang sudah berpartisipasi dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung jawab sosial perusahaan.

Menurut wabub, CSR dengan bentuk penataan Taman Merdeka, adalah wujud dukungan langsung terhadap pemerintah demi terlaksananya rencana pusat kuliner di Kawasan Jalan Merdeka.

"Dengan Taman Merdeka yang menjadi lebih cantik, bersih dan terang saat malam hari, maka menjadikan taman ini sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu senggang. Peningkatan pengunjung, akan dapat berpengaruh pada peningkatan transaksi perekonomian di sekitar taman ini, khususnya kuliner," Harap wabub Farhan.

Selanjutnya, wabub juga menyampaikan harapanya terhadap perangkat daerah yang terlibat bekerjasama agar terus dapat mendampingi, dan melakukan penambahan sarana prasarana yang diperlukan.

"Laksanakan secara bertahap untuk melihat dan memancing reaksi dari masyarakat. Jangan lupa melakukan juga pemeliharaan yang diperlukan," Pinta wabub.

Demikian juga terhadap para pedagang, Farhan meminta agar mereka tetap disiplin menjaga dan menegakkan protokol kesehatan. Juga berharap agar pedagang, selalu kreatif dan inovatif dalam menu.

"Saya juga titip pesan untuk dapat kreatif dalam menu, lakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan ojek online misalnya. Jika perlu, manfaatkan izin mikro yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan pendanaan, ini penting, manfaatnya pun kembali pada bapak-ibu pedagang sekalian,” ujar wabub.

Sementara untuk Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Farhan menitipkan pembinaan oleh dinas tersebut yang dilakukan dengan memberikan bantuan promosi terkait pembiayaan untuk perkuatan modal.

"Untuk Dinas Perkim dan LH dapat melatih cara-cara penanganan sampah sesuai standar mutu yang dipersyaratkan, seperti lakukan pemisahan sampah organik dan anorganik, jika diperlukan lakukan saringan antara sampah basah dengan kering." pungkas wabub. (tim liputan)

Editor : Taufik


Share:
Komentar

Berita Terkini