Tim Gabungan Puskesmas Dan Forkopimcam Rasau Jaya Lakukan Screening GeNose Di Pelabuhan

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Waspadai penyebaran covid-19 menjelang mudik hari raya idulfitri 1442 H/ 2021 M, Tim gabungan Puskesmas dan Forkopimcam Rasau Jaya melakukan tes screening GeNose kepada penumpang di Terminal Digdoyo Desa Rasau Jaya Satu Kec Rasau Jaya, Senin (03/05/2021).

Sebanyak 53 orang penumpang Spead Boat dengan berbagai tujuan dilakukan Screening GeNose dan terkonfirmasi negative Covid-19 dan dipastikan dapat melanjutkan perjalanan mereka.

Tampak turun langsung Camat Rasau Jaya Drs Soetomo, Danramil Kakap dan Rasau Jaya Kapten Tri Yuliantoro, Kapolsek Rasau Jaya yang diwakili oleh Kanit Binmas Iptu Wagiman, Sekcam Rasau Jaya H. Tumijan, S. Sos, Marnit Airud Bripka Dewa, Dinas Perhubungan Rasau Jaya  dan Pol PP Kec Rasau Jaya.

Camat Rasau Jaya Drs Soetomo mengatakan terminal digdoyo selain merupakan terminal angkutan darat juga terdapat terminal angkutan air yang melayani tujuan Rasau-Teluk batang, dan rasau-melanau sehingga sangat potensi menjadi penyebaran Covid-19.

“Screening GeNose ini bertujuan  pemeriksaan serta mendeteksi penyebaran wabah Covid-19 pada tempat keluar masuk orang di terminal Speed Digdoyo, karena disini memang tempat keluar masukorang dari lintas Kabupaten,” terang Sutomo.

Sementara itu Kapolsek Rasau Jaya Melalui Kanit Binmas Iptu Wagiman mengatakan Polsek Rasau Jaya terus ikut mengawal terkait Pelaksanaan Protokol Kesehatan serta himbauan terhadap masyarakat agar tidak terlena dan tidak waspada terhadap bahaya covid-19.

“Hari ini sebanyak 53 penumpang melakukan screening Genose dengan pengawalan Satgas Covid-19 Kecamatan Rasau Jaya,Alhamdulillah tidak ditemukan penumpang yang positif Covid-19,dan semua bisa melanjutkan perjalananya,” terang Iptu Wagiman.

Iptu Wagiman mengatakan pelaksanaan Sreening GeNose hanya membutuhkan waktu sekitar 2−3 menit untuk mendeteksi ada tidaknya VOC yang bisa menandakan COVID-19 sehingga memudahkan.

Iptu Wagiman berharap dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan penyebaran wabah diwilayah Kec Rasau Jaya dapat diminimalisir meski pelaksanaan tempat dilakukan secara random. (tim liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini