Patroli Di Tapal Batas RI-Malaysia, Satgas Yonif 407/PK Temukan Kayu Hasil Pembalakan Liar

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG) – Saat lakukan Operasi Patroli sekaligus pengecekan patok batas negara perbatasan RI-Malaysia, Satgas Yonif 407/PK temukan kayu yang siap angkut diduga hasil pembalakan hutan sekitar Gunung Sepan Badak Kecamatan Ketunggau Hulu, Kabupaten Sintang.

Pada patroli kali ini, personel Pos Gunung Sepan Badak menemukan serta mengamankan belasan batang kayu siap angkut yang diduga kuat hasil pembalakan liar di hutan lindung.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan melalui keterangan pers di Pos Kotis Nanga Badau, Kab Kapuas Hulu kepada redaksi kalbarnews.co.id, Rabu (21/04/2021).

"Penemuan kayu hasil pembalakan liar tersebut bermula saat Letda Inf Tri Suradi selaku Danpos Gunung Sepan Badak beserta 3 personel sedang melaksanakan patroli disekitar hutan wilayah Kabupaten Sintang, tepatnya diwilayah Kecamatan Ketungau Hulu," ujar Dansatgas.

Dansatgas mengatakan barang bukti kayu yang diduga hasil pembalakan liar tersebut jenis tekam sejumlah 16 batang kayu. Untuk sementara barang bukti masih berada di lokasi penemuan, dan sudah dilaporkan ke komando atas guna penanganan lebih lanjut.

"Kami juga telah memberikan instruksi kepada jajaran Satgas Pamtas Yonif 407 agar melaksanakan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan penebangan liar, karena dapat merugikan dan mengganggu ekosistem hutan itu sendiri serta mendapat sanksi dari pihak yang berwajib," pungkas Letkol Inf Catur Irawan (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini