Mabes Polri Gandeng Polisi Internasional ‘Ciduk’ Youtuber Joseph Paul Zhang Penghina Islam

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Bareskrim Mabes Polri mengungkap seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26. youtuber yang mengaku sebagai nabi ke-26, Joseph Paul Zhang tidak sedang berada di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Namun, Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan bahwa kasus tersebut tetap akan diselidiki oleh penyidik Polri dengan menggandeng Internasional Polisi untuk membantu memburu keberadaan youtuber tersebut.

“Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri,” kata Agus dilansir Ujaran dari keterangan di Antara, Senin (19/04/2021).

Polri, lanjut Agus telah berkoordinasi dengan petugas imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang yang ditengarai meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Dia mengatakan, Bareskrim Polri bekerja sama dengan kepolisian luar negeri dan membuat daftar pencarian orang (DPO) Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

“Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan,” terangnya.

Dijelaskan olehnya, penyidik dapat menindak dengan membuat laporan temuan soal konten intoleran tersebut.

Menurut dia, konten yang diduga intoleran tersebut yang berpotensi menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat hingga dapat merusak persatuan dan kesatuan, dapat ditindak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri.

“Kalau yang seperti itu ‘kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyrakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri ‘kan ditindak tegas,” papar Agus lagi.

Sebelumnya, Jozeph Paul Zhang telah mengklaim diri sebagai nabi ke-26 itu terekam dalam sebuah video dan viral melalui media sosial.

Jozeph mengaku sebagai nabi ke-26 yang disampaikan dalam forum diskusi via zoom yang juga ditayangkan di saluran YouTube pribadinya.

Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk “Puasa Lalim Islam”.

Jozeph juga menantang siapapun yang berani melaporkan dirinya ke kepolisian terkait penistaan agama lantaran mengaku sebagai nabi ke-26. (tim liputan).

Editor : Taufik

 

Share:
Komentar

Berita Terkini