-->

BREAKING NEWS

KABAR DUKA , IBUNDA GUBERNUR KALBAR,H SUTARMIDJI, SH, M.Hum DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA HARI INI, SABTU (17 APRIL 2021), ANDA INGIN TAHU TENTANG RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK, ATAU INGIN KULIAH DI STIKes YARSI PONTIANAK ATAU AKADEMI FARMASI YARSI PONTIANAK, SILAHKAN HUBUNGI HUMAS YARSI PONTIANAK DI 085654007001 ATAU HUBUNGI KALBARNEWS.CO.ID, BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

9 Hektar Ladang Ganja di Aceh Utara Dimusnahkan Langsung Kepala BNN RI

Redaksi author photo
Kepala BNN RI, Dr Petruys Reinhard Golose

KALBARNEWS.CO.ID (ACEH) - Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Direktorat Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan bekerjasama dengan kementerian dan lembaga yang ada di wilayah Aceh Utara diantaranya Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Bea dan Cukai Lhokseumawe, Bupati Aceh Utara, Kodim 0103, Polres Lhokseumawe, Brimob Lhokseumawe, Polsek Sawang, dan Forkompimda Lhokseumawe, melakukan pemusnahan ladang ganja di Dusun Cot Rawatu Desa Jurong Kec. Sawang Kab. Aceh Utara, Provinsi Aceh, Selasa (06/04/2021).

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Dr. Petrus Reinhard Golose, turun langsung ke lapangan untuk memimpin operasi pemusnahan tersebut, didampingi oleh Deputi Pemberantasan BNN RI, Irjen Pol. (Purn) Drs. Arman Depari, Direktur Narkotika BNN RI, Brigjen Pol. Drs. Aldrin MP Hutabarat, M.Si., Direktur Penindakan dan Pengejaran (Dakjar) BNN RI, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sugiri, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala Biro Humas dan Protokol (Humpro) BNN RI, Brigjen Pol. Sulistyo Pudjo Hartono, S.I.K., M.Si., serta Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Brigjen Pol. Drs. Heru Pranoto, MSi.

Ia menjelaskan bahwa penemuan ladang ganja sebesar 9 hektar (Ha) ini ditemukan di 2 (dua) titik kordinat pada ketinggian 160 Mdpl. Selain itu, medan yang cukup terjal untuk dilalui dan lokasi penanaman tumpang sari dengan tanaman pinang membuat ladang ganja sulit teridentifikasi.

Lokasi Tanaman Ganja seluas 9 Hektar yang dimusnahkan BNN RI
“Dapat kita lihat bahwa lokasi penanaman tumpang sari dengan tanaman pinang. Namun demikian, sebanyak 70.000 pohon dengan jarak tanam 1 (satu) meter serta 10.000 bibit ganja yang ditanam di polybag memiliki ketinggian yang bervariatif antara 30-250 cm dengan total seberat 35 Ton berhasil ditemukan petugas,” jelas Kepala BNN.

Kepala BNN menegaskan bahwa BNN RI terus meningkatkan strategi pemberantasan jaringan sindikat narkoba di berbagai wilayah indonesia dengan melaksanakan empowering guna meningkatkan kapasitas, memperkuat serta memberdayakan potensi yang ada di setiap elemen pemerintahan maupun unsur terkait.

“Seperti yang dilakukan BNN Saat ini, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG), sehingga berhasil mengamankan ladang ganja,” ujarnya.

Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose berharap agar Kepala BNNP dan Kepala BNNK memberdayakan lahan ini untuk Program Grand Design Alternative Development (GDAD) dengan tanaman yang bermanfaat.

“Saya juga mengharapkan bantuan dari Bupati untuk dapat membantu BNNK dalam mengentaskan program ini,” ucapnya.

Selain itu, dengan diadakannya pemusnahan ladang ganja ini merupakan wujud nyata dari  “War On Drugs” yang gencar digelorakan oleh BNN RI dalam rangka terciptanya Indonesia Bersih Narkoba.

“Ini merupakan wujud nyata dari war on drugs untuk mewujudkan Indonesia Bersinar, Bersih Narkoba!,” tutup Petrus. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini