Menkop UKM Resmikan UKM Center di Sekadau Ini Yang Disampaikanya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SEKADAU) – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Barat, A.L. Leysandri, S.H., bersama Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sekadau, Frans Zeno, S.STP, meresmikan Gedung UKM Center di Kabupaten Sekadau, Sabtu (27/3/2021).

Menteri Koperasi dan UKM ini berada di Kabupaten Sekadau rangka meninjau sekaligus meresmikan dan menandatangani prasasti gedung UKM Center Sekadau yang baru dibangun pada awal tahun 2021.

Teten dalam tinjauannya mengatakan produk UMKM yang dipasarkan sudah bagus dan dapat memasuki indikasi pasar global selain pasar tradisional.

“Tadi saya sudah lihat banyak produk UMKM yang cukup bagus. Produk ini didukung oleh bahan baku lokal. Memang ada beberapa catatan tadi dari aspek kemasan branding-nya masih sangat sederhana, padahal produknya bagus. Jadi saya kira itu perlu pelatihan,” ungkapnya.

Dia mengapresiasi UMKM Kalbar yang sudah mempunyai penjualan melalui digitalisasi ataupun marketplace yang akan selalu dikembangkan.

“Tadi bagus juga sudah ada marketplace lokal, yaitu penjualan produk-produk UMKM. Ini juga yang saya kira sekarang sedang berkembang,” ungkap

Menteri Koperasi dan UKM juga mengatakan untuk pengembangan UMKM mereka sudah mempunyai Dana Alokasi Khusus (DAK), termasuk untuk pelatihan serta pendidikan.

“Saya kira ini akan kita kembangkan terus, termasuk juga tadi ada pendidikan dan pelatihan-pelatihan. Pusat pelatihan di sini harus jadi tempat konsultasi kalau orang mau usaha, rumah kemasan, dan juga pelatihan-pelatihan lain,” jelasnya.

Produk-produk yang mempunyai potensi, akan didorong penjualannya ke luar negeri, sehingga dapat mengetahui standarisasi produk yang akan diekspor.

“Jadi saya melihat Sekadau punya potensi cukup besar baik yang sudah terjalin maupun yang belum terjalin. Bisa saja tadi potensi untuk masuk marketplace nasional maupun global, misalnya produk anyaman berbasis bahan baku buatan. Saya kira pemerintah di sini akan terus menggali dan mengembangkannya,” tutup Teten.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi melalui Sekda Kalbar mengapresiasi peresmian UKM Center Sekadau yang dapat menjadi wadah produk-produk UMKM Kabupaten Sekadau.

“Ada wadah atau tempat dalam men-display produk-produk UMKM, sehingga UMKM akan bergairah karena ada sarana untuk memamerkan produk di masing-masing kecamatan atau di bawah pembinaan koperasinya masing-masing,” ungkapnya. 

Pembangunan UKM center diharapkan berdampak positif pada ekonomi yang ada di UMKM tersebut, sehingga dapat juga meningkatkan kreasi untuk para wirausahawan. 

“Tentu Pemprov akan mendorong seluruh wilayah Provinsi untuk membuat UKM Center, sehingga orang datang dapat melihat langsung, tidak hanya di Dekranasda saja,” ujar Sekda Kalbar. (tim liputan). 

Editor : Aan 

Share:
Komentar

Berita Terkini