Laksanakan Tradisi NU, PRNU Sungai Ambawang Lakukan Lailatul Ijtima

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Melaksanakan tradisi yang sudah ada dan dilaksanakan terus menerus oleh Nahdliyin, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang Laksanakan Lailatul Ijtima yang dilaksanakan di Mushola Al-Jihad Jalan Mega Timur, Jumat malam (26/03/2021).

Lailatul Ijtima yang dilaksanakan PRNU Desa Mega Timur ini dihadiri Katib PCNU Kubu Raya, Ustad Sahir Manani, Sekretaris PCNU Kab Kubu Raya, Edi Suhairul, Ketua MWCNU Sungai Ambawang Ustad Ariyanto, S.Ag, Sekertaris MWCNU, H Hafid, Ketua PRNU, Ustad Muniri dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama lainya.

Dalam sambutanya, Edi Suhairul mengatakan Lailatul Ijtima, bagi orang NU adalah menyelenggarakan pertemuan tiap bulan.


"Pertemuan itu dinamakan Lailatul Ijtima’. Lailah artinya malam, dan ijtima’ artinya pertemuan. Artinya sebuah ”pertemuan malam” yang diselenggarakan di setiap bulan," terang Edi.

Hal yang sama disampaikan Katib PCNU Kubu Raya, Ustad Sahir Manani, Ia menjelaskan Awalnya Lailatul Ijtima adalah kebiasaan para kiai yang akhirnya menjadi kebiasaan orang-orang NU atau pengurus NU. 

Acara ini dimanfaatkan untuk membahas, memecahkan dan mencarikan solusi atas problem organisasi, mulai masalah iuran, menghadapi Ramadhan, Tarawih, menentukan awal Ramadhan, sampai menjalar ke masalah-masalah umat yang berat.

"Berjalannya waktu kemudian ini menjadi kebiasaan bagi Warga Nahdliyin disemua jenjang, mulai Ranting, MWC hingga PCNU dan jenjang keatasnya," ujar Ustad Sahir Maniani.

Dalam perjalanan waktu Lailatul Ijtima menjadi kebiasaan yang dilakukan turun temurun warga Nahdliyyin hingga saat ini.

Ustad Sahir Manani berharap Kegiatan Lailatul Ijtima ini bisa terus dilakukan disemua tingkatan sebagai wadah silahturahmi, komunikasi dan berkoordinasi dengan Pengurus dan Warga Nahdliyin.

Seperti diketahui PCNU Kubu Raya saat ini terus menyelasikan pembentukan pengurus sampai ke tingkatan pengurus hinggabke ranting atau tingkat Desa.(tim liputan).

Editor :  Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini