Pemkab Kubu Raya Siapkan 2,5 Milyar Dukung Pemberian Vaksin Covid-19

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyiapkan anggaransebesar 2,5 Milyar Rupiah dari Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), anggaran tersebut dipastikan akan bertambah karna pemerintah juga menyiapkan tambahan dari belanja tak terduga, nantinya vaksin tersebut akan di berikan kepada Petugas Kesehatan yang telah dikelompokan dan masyarakat yang sudah berusia lanjut.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam kepada sejumlah awak media ketiak ditanya tentang kesiapan Pemerintah Daerah terhadap program pemerintah pemberian vaksin covid-19 kepada Masyarakat.

Seperti diketahui Indonesia menjadi salah satu negara di asean yang sudah memiliki vaksin covid-19, pengadaan vaksin akan dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dengan mengimpor sebanyak 1,2 juta vaksin dalam bentuk jadi dari China.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, pada akhir Januari 2021 vaksin sudah dapat dilaksanakan, adapun pemerintah juga telah memutuskan pada tahap awal vaksinasi, penerima vaksin akan diprioritaskan untuk para Tenaga Kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, Pedagang Pasar dan UMKM.

Menanggapi hal tersebut Sekda Kubu Raya Yusran Anizam menjelaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menyiapkan anggaran dari APBD 2021 senilai 2,5 milyar rupiah, dana tersebut dipastikan akan bertambah, karna pemerintah juga menyiapkan tambahan dari belanja tak terduga.

"Tidak ada diskrminasi dalam proses pemberian vaksin tersebut, " Jelas Yusran

Sementara itu Kadinkes Kubu Raya Marijan mengatakan pendistribusian vaksin ini akan di gratiskan, Dinkes kini juga telah menghimpun data–data yang dapat menerima vaksinasi ini, sejauh ini pihaknya telah mengelompokan tenaga kesehatan yang berhak mendapatkan vaksin, selain itu masyrakat yang sudah lansia juga turut mendapatkan vaksin  tersebut.

"Kami juga telah menyiapkan segala kebutuhan untuk menyimpan vaksin tersebut, mengingat vaksin ini mirip dengan vaksin biasanya, sehingga tempat penyimpanan nya pun sudah dimiliki di setiap puskesmas," pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini