Panen Padi Awali Tahun 2021 Babinsa dan Poktan Harapan Baru Segedong Kab Sambas

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) - Awali tahun 2021 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Segedong, Koramil 1208-03/Tebas, Serda Azuan mendampingi Kelompok Tani (Poktan) Harapan Baru, Desa Segedong, Tebas, Sambas melaksanakan panen padi.

Serda Azuan dan para petani tampak semangat menimbang gabah. Poktan Harapan baru dalam panen ini menggunakan combine harvester. Penggunaan mesin panen ini sangat membantu petani dalam proses panen, karena dapat dioperasionalkan dalam tiga fungsi sekaligus yaitu menuai, merontokkan, dan menampi.

Babinsa Segedong, Serda Azuan saat dilokasi mengaku sangat senang bisa langsung mendampingi petani. Ini merupakan salah satu tugas Babinsa dalam program swasembada pangan.

"Saya harus semangat mendampingi para petani, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini," ucap Serda Azuan.

Sementara itu, Danramil Tebas Letda Inf Samikun menjelaskan dalam menyukseskan program swasembada pangan nasional, TNI Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya selalu terjun ke lapangan mendampingi petani.

"Dalam tugasnya Babinsa akan bersinergi dengan PPL, sehingga dapat berjalan dengan lancar, terkait dengan progam pertanian," kata Danramil.

Ketua Poktan Harapan Baru H. Musni mengatakan, para petani sangat termotivasi dengan kehadiran Babinsa mulai dari proses penyiapan lahan sampai dengan pasca panen.

"Masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan pendampingan dan bimbingan dalam bertani," ungkap Musni.

Musni berharap, pendampingan tersebut bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut mewujudkan swasembada pangan secara nasional.

"Agar warga masyarakat tidak sampai kekurangan pangan," pungkas Musni (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini