-->

BREAKING NEWS

BANJIR MELANDA BEBERAPA DESA SEPANJANG JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, SELAIN KARENA AIR PASANG CURAH HUJAN SEMAKIN MEMPERPARAH BANJIR TERSEBUT, SEHINGGA MELUMPUHKAN AKTIFITAS WARGA SEKITAR, MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN, EDDY PRABOWO DIKABARKAN DITANGKAP OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN, ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Plt Bupati Ketapang Beri Penghargan Puskesmas Sungai Melayu Rayak

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Ketapang Drs. H. Suprapto. S membuka kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten Ketapang 2020 dengan tema Generasi Sehat Bebas Stunting dalam Tatanan Normal Stunting Bertempat di Hotel Aston Ketapang, Rabu (11/11/2020).

Dalam sambutanya Plt. Bupati Ketapang mengatakan bahwa salah satu instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota, Camat hingga Kepala Desa dalam pidato kenegaraan terkait visi arah pembangunan tahun 2019-2024, adalah bagaimana semuanya menyatukan langkah dan komitmen untuk menurunkan stunting.

"Tugas untuk menurunkan angka stunting menjadi tanggungjawab semua pihak, bukan hanya tupoksi dari OPD yang bertanggungjawab terhadap intervensi gizi spesifik yaitu sektor kesehatan," terangnya.

Namun dikatakan Plt Bupati Ketapang bahwa jajaran sektor juga bertanggungjawab terhadap intervensi gizi sensitif atau di luar kesehatan, juga masyarakat itu sendiri, swasta, dunia usaha serta seluruh lapisan strata sosial.

"Sebagaimana yang kita ketahui, intervensi stunting dilakukan dalam bentuk berbagai program dan kegiatan oleh para pemangku kepentingan, baik intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif." ujarnya.

Plt. Bupti menambahkan bahwa intervensi gizi spesifik merupakan intervensi yang ditujukan kepada anak dalam 1000 hari pertama kehidupan (1000 hpk) dan berkontribusi pada 30% penurunan stunting.

"Kegiatan intervensi gizi sensitif dilaksanakan melalui beberapa kegiatan, yang umumnya bersifat makro, dan dilakukan secara lintas sektoral antar lembaga, dengan sasaran seluruh lapisan masyarakat secara umum tanpa membedakan strata atau status sosial, seperti anak sekolah, remaja putri, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, pasangan usia subur, dan lain sebagainya." Jelas Suprapto.

H. Suprapto. S juga mengatakan bahwa penurunan stunting di kabupaten ketapang menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan dan angka yang terendah stunting diantara 14 kabupaten kota se-Kalimantan Barat .

"Hasil survei terakhir berdasarkan laporan pelaksanaan integrasi survei sosial ekonomi nasional (susenas) dan survei status gizi balita indonesia (ssgbi) tahun 2019, prevalensi stunting di kabupaten ketapang adalah 21,79 % mengalami penurunan yang cukup menggembirakan." Terangnya lagi.

Sebagai stimulan kekompakan ke depan, Plt Bupati Ketapang mengapresiasi hasil kerja keras semua pihak yang terlibat. 

"Upaya penurunan stunting tidak akan berhasil dengan baik tanpa kebersamaan, persatuan, dan gotong royong bahu membahu semua pihak." tegasnya.

Diakhir sambutan, Plt. Bupati berharap dalam menghadapi pandemi covid-19, agar masyarakat tidak mengendorkan semangat untuk berupaya penurunan stunting sampai kabupaten ketapang bebas stunting. 

"Akhir kata saya berharap rembuk stunting ini dapat menghasilkan solusi dan menghasilkan tekad bersama untuk percepatan penanganan dan penurunan stunting dan menghasilkan pemikiran dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Stunting di Kabupaten Ketapang." Pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Plt Bupati Ketapang juga memberikan penghargaan kepada Puskesmas Sungai Melayu dan Puskesmas Sungai Laur yang mempunyai inovasi dan memberikan laporan tepat waktu. (tim liputan).

Editor : Aan

 

Komentar Anda

Berita Terkini