Wakil Bupati: Pendapatan Anggota BPD Di Kabupaten Kubu Raya Perlu Dirasionalisasi

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE, M.Sos hadiri dan sekaligus membuka pelaksanaan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Mandiri Anggota BPD yang diselenggarakan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Kubu Raya di Ballroom Qubu Resort jl Arteri Supadio Sungai Raya, Sabtu (12/09/2020).

Dalam sambutanya Sujiwo pendapatan atau Insentif Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kubu Raya perlu diperhatikan dan perlu rasionalisasi antara pendapatan yang diterima oleh Anggota BPD sejauh ini tidak sebanding dengan beban kerja yang mereka lakukan.

“Jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Kalimantan Barat, pendapatan anggota BPD di Kabupaten Kubu Raya memang terbilang rendah. Pendapatan mereka yang di kisaran Rp 450 ribu hingga Rp 700 ribu jelas lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan anggota BPD di daerah lain yang hampir mencapai Rp 1 juta, bahkan ada yang lebih dari Rp 1 juta,” ungkap Wakil Bupati.

Sujiwo menilai pendapatan sebesar itu jauh dari kata layak dan perlu dirasionalisasi Pemerintah, dalam hal ini Kepala Daerah memang tidak bisa ujug-ujug menaikkan insentif karena ada hitung-hitungannya yang perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Di Perbup yang baru, memang sudah ada kenaikan insentif, tetapi jumlahnya tidak signifikan Pemerintah dalam hal ini Pak Bupati memang tidak bisa ujug-ujug menaikkan insentif karena ada hitung-hitungannya yang perlu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Saya harap itu semua tidak mengurangi semangat bapak ibu sekalian untuk memperjuangkan peningkatan pendapatan, Saya secara pribadi pun akan menjalin komunikasi dengan Pak Bupati terkait dengan hal ini," tuturnya.

Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek Mandiri BPD yang diselenggarakan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kubu Raya.

Ia berharap seluruh peserta bisa mengikuti Bimtek ini secara serius karena materi-materi yang dipaparkan para narasumber dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalitas para Anggota BPD. (bian).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini