-->

BREAKING NEWS

HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Sujiwo Ajak Masyarakat Kubu Raya Fokus Preventif Karhutla

Redaksi author photo
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya secara preventif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebab jika terjadi karhutla, kerugian yang ditimbulkan sangat banyak. juga berdampak pada multisektor kehidupan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, SE, M.Sos saat membuka kegiatan Sosialisasi Penyadartahuan tentang Kebakaran Hutan dan Lahan di Mess Babinsa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Selasa (08/09/2020).

“Upaya-upaya preventif atau pencegahan termasuk sosialisasi sangat penting supaya masyarakat sadar bagaimana cara mengolah lahan dengan baik. Sehingga tidak berdampak pada kebakaran hutan dan lahan,” kata Sujiwo.

Sujiwo mengatakan meskipun saat ini sering turun hujan, kewaspadaan terhadap ancaman karhutla tidak boleh kendur. Karena itu, upaya-upaya penyadartahuan tetap harus dilakukan secara berkala. Terlebih dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, dinyatakan bahwa kebakaran merupakan sub urusan yang masuk dalam urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.
“Alhamdulillah kita mendapat pertolongan Allah karena hampir setiap saat hujan. Sehingga tantangan terkait potensi terjadinya karhutla cukup terminimalkan. Namun kita tetap tidak boleh lengah,” pesannya.

Ia menegaskan dalam penanganan karhutla upaya terbaik adalah preventif. Karena ketika masih dalam tahapan pencegahan, berarti belum terjadi kerugian-kerugian. Namun jika karhutla  telah terjadi, maka dampak kerugian materi dan immateri akan sangat besar.

“Kepada BPBD, TNI-Polri, Manggala Agni, dan berbagai pihak lainnya patut diberikan apresiasi karena memang sangat aktif luar biasa melakukan pencegahan ini,” ucapnya.

Secara khusus dirinya berpesan agar aparatur negara terkait terus memberikan edukasi persuasif kepada masyarakat. Sebab ia meyakini masyarakat petani.

“Teman-teman TNI-Polri saya mohon kiranya untuk memberikan edukasi, bimbingan, dan arahan kepada masyarakat kami. Sebenarnya mereka tidak ada sedikitpun niatan untuk melakukan pembakaran dengan cara-cara yang tidak baik. Itu semua saya yakin karena faktor ketidakpahaman. Makanya hari ini kita lakukan penyadartahuan dari pihak-pihak terkait untuk menyampaikan materi-materi,” jelasnya. (tim liputan).

Editor : Heri K
Komentar Anda

Berita Terkini