Ratusan Prajurit Kodam XII/Tpr Kembali Ikuti Rapid Test, Hasilnya Negatif

Editor: Redaksi author photo


KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Sebagai langkah screening awal deteksi dini penyebaran virus corona (Covid-19) khususnya di lingkungan kerja, Kodam XII/Tanjungpura melakukan rapid test kepada personelnya. Rapid test dilaksanakan di Posko Covid-19 Kesdam XII/Tpr, Rabu (27/05/2020).

Rapid test diikuti sebanyak 146 orang yang berasal dari satuan Kesdam XII/Tpr, Paldam XII/Tpr, Bekangdam XII/Tpr, Hubdam XII/Tpr, Kudam XII/Tpr dan Kikav 12/MDC. Uji cepat Covid-19 ini digelar dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. Baik petugas medis maupun personel yang mengikuti rapid test.

Kapaldam XII/Tpr, Kolonel Cpl Octovianus Oskar E. S.I.P., menyampaikan bahwa rapid test kepada personel jajaran Kodam XII/Tpr ini penting untuk dilakukan, mengingat saat mereka bertugas ditengah masyarakat, sering berinteraksi dengan banyak orang sehingga berpotensi terpapar Covid-19, untuk itu rapid test ini dilakukan sebagai langkah antisipasi.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pangdam yang telah memberikan kesempatan rapid test kepada satuan jajaran," ucapnya.

Sedangkan Kakesdam XII/Tpr, Kolonel Ckm Sebastian A.B., M.Kes., menjelaskan, rapid test adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi. Jadi, rapid test di sini hanya sebagai screening atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona. Tes yang dapat memastikan apakah seseorang positif terinfeksi virus corona sejauh ini hanyalah pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR).

"Dari hasil rapid test yang kita laksanakan untuk seluruh personel tidak ada yang reaktif. Namun kita tetap menekankan, untuk personel tetap waspada dan menjaga kesehatan tiap-tiap personel," ungkap Kolonel Ckm Sebastian A.B., M.Kes. (tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini