Komunitas Sahabat Alam dan DPW LDII Tanam Seribu Pohon Kaliandra di Rasau Jaya

Editor: Redaksi author photo
Penanaman Pohon Kaliandra oleh SAC dan DPW LDII beserta Muspika Kecamatan Rasau Jaya

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Komunitas Sahabat Alam (SAC) dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalimantan Barat melakukan Bakti Sosial tanam 1000 pohon di sepanjang pinggiran Jalan Sekunder C, Desa Rasau Jaya Tiga, Kecamatan Rasau Jaya, Gerakan tanam pohon jenis kaliandra itu dinamai Aksi Bersama Hijaukan Bumi, Minggu (24/11/2019)..

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah LDII Kalimantan Barat, Susanto mengatakan, aksi tanam seribu bibit pohon dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Sedunia yang jatuh pada 28 November mendatang. Momen penanaman pohon ini juga disebutnya sebagai perbuatan baik yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.


"Menanam pohon ini merupakan amal jariyah kita. Manfaatnya bisa kita rasakan saat ini dan kepada anak cucu kita," katanya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Susanto menambahkan bahwa bibit pohon kaliandra ini sangat bermanfaat untuk ditanam. Selain berdampak baik bagi lingkungan, kaliandra juga bermanfaat ekonomis karena dapat dijadikan sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT).

"Kaliandra jadi salah satu komoditi yang menjadi sumber energi baru terbarukan sebagai pengganti batu bara. Saat ini, kayu kaliandra ini sangat diperlukan oleh perusahaan penyedia energi, yaitu PLN. Dalam dua tahun ini sudah bisa dipetik hasilnya," jelasnya.

Lebih lanjut Susanto menerangkan bahwa aksi tanam pohon ini juga diharapkan dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya merawat lingkungan. Melalui kegiatan edukasi lingkungan seperti ini, Ia berharap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungannya. Sehingga, kebiasaan-kebiasaan lama yang dapat merusak lingkungan dapat ditinggalkan, seperti membakar hutan dan lahan.

Sementara itu, Ketua Sahabat Alam Community (SAC) Matlias menuturkan bahwa aksi penanaman pohon ini memang sudah jadi kegiatan rutin komunitasnya. Sebagai komunitas peduli lingkungan, lanjut Matlias, ke depan SAC juga akan kembali melakukan kegiatan-kegiatan serupa dengan melibatkan lebih banyak komponen masyarakat.

“SAC secara rutin melaksanakan kegiatan sosial dengan semua pihak baik organisasi sosial maupun organisasi keagamaan seperti yang kita lakukan hari ini dengan DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kecamatan Rasau Jaya ini,” jelas Matlias. (na/tim liputan)

Editor : Heri K


Share:
Komentar

Berita Terkini