Baru 12 Desa di Kubu Raya menerapkan Aplikasi System Keuangan Desa

Editor: Redaksi author photo

Peserta Pelatihan Aplikasi System Keuangan Desa (SISKEUDES) di Hotel Harmoni Inn Sui Raya

Kubu Raya (Kalbar News) – Aplikasi System Keuangan Desa (SISKUDES) merupakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang sudah diterapkan di Kabupaten Kubu Raya sejak 4 tahun lalu, namun sejauh ini baru 12 Desa yang menggunakanya.

Hal terungkap dalam pelatihan Penerapan System SISDKUDES yang dilakukan Staf Desa se-Kubu Raya di Ballroom Hotel Harmoni Inn, Jl Sui Raya Dalam, Sabtu (02/02/2019).

Menurut Eli Wardani Salah satu Inisiator Pelatihan Penerapan Aplikasi Siskeudes yang juga Bendahara Desa Nipah Panjang Kecamatan Batu Ampar ini  tidak di fungsikannya aplikasi tersebut pada sebuah Desa karena ketidak fahaman Penerapan Aplikasi tersebut sehingga berakibat lambatnya pencairan Dana Desa.


“Berdasarkan hal tersebut kami beserta perangkat Desa dari beberapa Kecamatan secara bersama-sama lakukan Pelatihan ini, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP),” Jelas Eli.

Eli Wardani Menjelaskan Aplikasi SISDKUDES yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan, Aplikasi ini diperuntukkan bagi kebutuhan pengelolaan Keuangan Desa serta berguna untuk Transparansi Dana Desa, namun demikian masih banyak Desa yang belum menggunakan aplikasi ini bahkan belum tahu bagaimana cara mendapatkan  atau menggunakan aplikasi ini. 

“Padahal dalam surat edaran Bupati Kubu Raya di tahun 2018 lalu seluruh Desa di Kubu Raya wajib menggunakan Aplikasi Siskudes namun nyatanya di Kubu Raya baru 12 Desa yang menerapkan Aplikasi Sikeudes dalam Pengelolaan Keuangan Desa mereka,” Jelas Eli Wardani.(ej)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini