Mapala Enggang Gading Gelar Diksar calon anggota baru

Editor: Redaksi author photo
Mapala Engang Gading laksanakan Pendidikan Dasar

Bengkayang (Kalbar News) - Dalam rangka regenerasi keanggotaan di Unit kegiatan mahasiswa pencinta alam, UKM Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Enggang Gading IAIN Pontianak mengelar pendidikan dasar sejak tanggal 2-9 di Pantai Gosong dan Pantai Kura-Kura.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin Dewan Pengurus Harian Mapala Enggang Gading dalam perekrutan anggota baru di Mapala itu, selama proses pendidikan dasar, para calon anggota akan mengaplikasikan semua materi kelas yang telah dipelajari sebelumnya.

Menurut Ketua Panitia Diksar, M. Arief Setiawan bahwa kegiatan diksar yang di lakukan Mapala Enggang Gading ini merupakan proses awal bagi calon anggota yang akan bergabung menjadi anggota mapala dan dalam pendidikan dasar ini semua calon anggota akan mempraktekkan semua materi yang telah mereka dapatkan sebelumnya di kelas selama satu bulan.

"Apa yang dipelajari calon anggota selama di kelas sebelumnya pada pendidikan dasar ini akan mereka aplikasi secara benar. Dan pendidikan ini juga merupakan syarat calon anggota yang akan bergabung di Mapala, jika mereka dinyatakan lulus dalam proses pendidikan dasar ini maka berhak menyandang status sebagai anggota muda dan resmi terdaftar sebagai anggota di mapala,"jelas M. Arif.

Sementara itu Ketua Umum Mapala Enggang Gading IAIN Pontianak, Abdul Latif mengatakan bahwa dalam pendidikan dasar calon anggota Mapala ini selain para peserta mengaplikasikan materi yang telah di dapat sebelumnya di kelas, para calon anggota juga akan diberikan berbagai pemahaman terkait dengan keorganisasian, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, rasa persaudaraan, loyalitas dan berbagai pemahaman lain yang berhubungan pelestarian dan kepencinta alaman.

"Selain membentuk para calon anggota sebagai seorang pencinta alam sejati para calon anggota juga dituntut untuk bisa memahami segala aspek yang berkaitan dengan lingkungan dan juga kemasyarakatan, sehingga setelah mengikuti pendidikan dasar ini ada perubahan mendasar yang terbentuk dari para calon anggota, karena selama proses pendidikan, mereka akan digembleng berdasarkan SOP dan juga Silabus pendidikan dasar Mapala Enggang Gading.

Untuk itu dengan pendidikan dasar yang di lakukan ini diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi yang berwawasan lingkungan, loyal dan selalu setia pada organisasi dan juga NKRI. (fsl)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini