-->

BREAKING NEWS

BANJIR MELANDA BEBERAPA DESA SEPANJANG JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, SELAIN KARENA AIR PASANG CURAH HUJAN SEMAKIN MEMPERPARAH BANJIR TERSEBUT, SEHINGGA MELUMPUHKAN AKTIFITAS WARGA SEKITAR, MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN, EDDY PRABOWO DIKABARKAN DITANGKAP OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN, ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Gubernur Kalbar Yakin 20-30 Persen Desa Yang Ada Di Kalbar Bisa Menjadi Desa Mandiri

Redaksi author photo
H Sutarmidji bersama Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Barat (*)

Pontianak (Kalbar News) - Gubernur Kalbar H. Sutarmidji melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan tentang Rancangan Awal RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Daerah) Tahun 2019-2023 dengan DPRD provinsi Kalbar, di Balairung Sari Kantor DPRD, Selasa (6/11/2018).

Dalam pendatangan tesebut, Gubernur Kalbar akan mefokuskan pada peningkatan IPM, Infrastuktur, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan maupun Trasnportasi di Provinsi Kalbar. Untuk rician dan uraiannya pertahun sudah dilakukan secara jelas dan tersusun yang telah diberikan kepada anggota legislatif tersebut.

“Tahun depan kita akan mulai untuk pendidikan pada saat tahun ajaran baru, dengan membebaskan biaya untuk SMA dan SMK negeri yang ada di Kalbar. Dan kita akan memulai membangun  ruang rawat inap yang persenpatif untuk RSUD. Soedarso,” ungkap Sutarmidji.

Tak hanya itu saja, program infrasturktur dirinya yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi yang belum tertangani akan dilaksanakan pada tahun mendatang. 

“Tahun pertama itu semua kita akan mulai dan kita juga akan berupaya bersama pihak Kodam dan Polda serta para bupati dan walikota yang ada untuk percepatan membangun desa mandiri. Yang sekarang Cuma satu desa mandiri target kita lima tahun kedepan bisa antara 200-400 desa mandiri,” tegasnya.

Untuk APBD kedepannya akan diterapkan secara belanja langsung, serta dari total APBD yang ada 20 persen nantinya akan diarahkan ke desa dengan berbagai indicator desa mandiri sebanyak 68 indikator desa mandiri tersebut.

“Dari 68 indikator itu kita liat yang mana bisa ditangani dari dana desa dan yang mana bisa ditangani oleh Kabupaten/Kota Serta indicator yang mana bisa ditangani oleh Pemerintah Provinsi,” tuturnya.
Dengan adanya sinergi ini terwujud dan dilaksanakan, Sutarmidji berkeyakinan dari jumlah desa sebanyak 2031 desa yang ada bisa menjadi desa mandiri di kalbar.

“Kalo sinergi ini bisa terwujud, saya yakin 20 persen sampai 30 persen desa yang ada di kalabr bisa menjadi desa mandiri,” tegasnya.(mad/hms)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini