Karolin Gagas Pembentukan BUM-Des Untuk Perkuat Desa dan Bangun Ekonomi Rakyat

Editor: Redaksi author photo

Calon Gubernur No Urut 2 Karolin Margaret Natasha

Sintang (Kalbar News) - Calon Gubernur Kalimantan Barat Nomor Urut 2, Karolin Margret Natasa mendorong terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des) di setiap Desa yang ada di Provinsi ini, untuk memaksimalkan potensi Pertanian dan menggerakkan Perekonomian di setiap Desa.

"Jika dipercayakan masyarakat Kalbar untuk memimpin Provinsi ini, ke depan kita akan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten untuk mendorong setiap Desa membentuk Bumdes," kata Karolin di Sintang, Jumat (25/5/2018)

Menurutnya, ke depan setiap Daerah di Kalbar memang memerlukan banyak Bumdes, bila perlu setiap Desa memiliki satu sampai dua Bumdes untuk memaksimalkan potensi yang ada dan menggerakkan perekonomian masyarakatnya.

"Bumdes ini tentu nantinya akan mendorong perekonomian masyarakat, sehingga Desa bisa lebih mandiri dan pembangunan di tingkat Desa bisa lebih cepat," sambungnya. 

Keberadaan BUM-Des sangat strategis untuk mengoptimalkan pengelolaan Dana Desa yang disalurkan oleh pemerintah pusat dan kabupaten kepada pemerintah Desa sehingga bisa tepar sasaran.

Mengenai SDM untuk mengelola BUM-Des tersebut, Karolin mengatakan, Pemerintah Desa bisa menggunakan Tenaga Sarjana yang belum memiliki pekerjaan di Desa untuk mengelolanya.

"Berdayakan semua pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para Sarjana yang ada untuk mengelola Sumber Daya Desa dan menggerakkan Bumdes tersebut. Ini tentu menjadi salah satu kekuatan dalam membangun perekonomian desa yang lebih baik," jelasnya. 

Agar lebih maksimal, lanjutnya, sampai empat tahun kedepan, Dana Desa yang bersumber dari APBD harus bisa mencapai 10 persen. Ini tentu harus menjadi perhatian utama bagi Pemkab, agar pembangunan di tingkat Desa bisa lebih maksimal.(tim liputan)

Share:
Komentar

Berita Terkini