KPU Kalbar persiapan Pelaksanaan tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Walikota/Bupati Se-Kalimantan Barat

Editor: Redaksi author photo



Pontianak – (Kalbar News) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar, menggelar rapat kerja (Raker) persiapan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018, bersama KPU Kabupaten/Kota se-Kalbar di Hotel Kapuas Palace, Pontianak, 27-29 September 2017.
Raker ini menghadirkan Nara Sumber salah satu komisioner KPU RI, Viryan Azis,SE,MM juga di dampingi Ketua dan Anggota serta Sekretris KPU Provinsi Kalbar membahas persiapan Pelaksanaan tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati Se-Kalimantan Barat.
Pada kesempatan itu, komioner KPU RI asal Kalbar ini menjelaskan, bahwa konsolidasi menjadi faktor kunci pelaksanan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 mendatang bisa berjalan dengan baik.
“Pemerintah, Bawaslu, semangatnya adalah kerja Pilkada dan Pemilu adalah kepentingan kita bersama. Bukan hanya semata-mata suksesnya itu tergantung KPU. Memang KPU jadi faktor kunci sebagai penyelenggara, tapi keberhasilan pelaksanaan Pilkada dan Pemilu, sangat tergantung dari KPU dan para pihak terkait, stakeholder kunci. Partai politik, Bawaslu, Pemerintah Daerah," paparnya.
Selain konsolidasi, para penyelenggara Pemilu di daerah juga diperkuat dengan manajerial. Bagaimana mengelola pekerjaan dengan dua kegiatan yang bersamaan, Pilkada dan Pemilu.
"Tugas berat, pertama kekompakan. Karena beban kerjanya berat, sekaligus juga kompleks. Kalau tidak kompak, sulit bisa mengelola atau melaksanakan rangkaian tahapan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019," katanya.
Tahapan Pemilu 2019 telah dimulai sejak 17 Agustus lalu. Sedangkan tahapan Pilkada, dimulai 27 September kemarin.
Viryan yakin, penyelenggara Pemilu di Kalbar mampu menyelenggarakan pemilihan dengan baik. Sebab Kalbar termasuk salah satu provinsi yang paling siap menghadapi Pilkada serentak dan Pemilu 2019.
"Kita percaya KPU Kalbar, di Kalbar bisa sukses dalam Pilkada dan Pemilu, karena punya modal yang cukup besar. KPU Kalbar pada saat Pemilu 2014, mendapatkan penghargaan dari KPU RI sebagai daerah yang melaksanakan penyelenggaraan Pemilu dengan berintegritas," jelasnya.
Sementara itu Salah satu Komisioner KPU Provinsi kalimantan Barat, Kasiono, S.Pd ketika di temui kalbarnews.com menjelaskan bahwa Rapat Kerja Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat ini di hadiri oleh KPU Kab/kota se-Kalbar (5 komisioner, 1 Sekretaris, 4 Kasubag) jadi setiap Kabupaten 10 orang. Tujuannya untuk mengkonsolidasikan kesiapan pelaksanaan Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Serentak Tahun 2018 di Provinsi Kalimantan Barat.
“Adapun Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan adalah Kota Pontianak, Kubu Raya, Mempawah, Sanggau dan Kayong Utara, Raker ini bertujuan mennsingkronkan Persiapan dan Tahapan Pilkada baik Pilkada Gubernur maupun Walikota dan Bupati Se-Kalimantan Barat,” Pungkas Kasiono (eds)

Editor   : Edi Suhairul
Share:
Komentar

Berita Terkini