Desa Mega Timur Siap Bangun RTH

Editor: Redaksi author photo
Kepala Desa Mega Timur, Adam menyatakan Desa Mega Timur Siap Bangun RTH 

KUBU RAYA (Kalbar News)-  Kepala Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang, Adam  menyatakan kesiapan desa yang dipimpinnya untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH), ditingkat desa, yang sudah diprogramkan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PRKPLH) Kubu Raya  dengan menyiapkan lahan seluas milik Pemerintah Desa Mega Timur,  seluas  1,8 hektar

"Kami pihak desa sangat mendukung sekali program ini. Mulai dari 2017 dan seterusnya. Kami akan berupaya menata RTH yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Adam di Sungai Ambawang.

Pemerintahan Desa Mega Timur, kata Adam, memiliki lahan kosong seluas 1,8 hektar yang dapat dimanfaatkan dan ditata untuk dijadikan RTH, pihaknya juga akan mengajak masyarakat desa Mega Timur memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dengan menanm pohon disetiap rumah.

"Pemerintah daerah juga harus lebih gencar lagi mensosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat tidak terbuai dengan terus membangun tanpa di imbangi dengan tanaman hijau," ujar Adam

Kepala Dinas PRKPH Kubu Raya, Nendar Soeheri mangatakan keberadaan RTH di kecamatan Sungai Ambawang memang sangat diperlukan, lantaran Kecamatan Sungai Ambawang merupakan satu dianatara desa yabg berbatasan dengan Kota Pontianak yaang cendurung mengalami pesatnya pembangunan.

"Semakin pesatnya pembangunan tentunya juga akan berdampak pada kondisi iklim kita, terlebih saat ini bangunan tidak lagi menyisakan untuk tanaman, bahkan ini terjadi pada runah-rumah warga terutama pada kawasan perkotaan," kata Nendar.

Nendar menjelaskan di  Kecamatan Sungai Ambawang ada beberapa desa yang sangat berpotensi untuk dibangun dan ditatanya RTH, namun dari beberapa desa itu, Desa Mega Timur memiliki kesiapan dan potensi yang cukup besar untuk membangun RTH.

"Pada dasarnya setiap desa berpotensi membangun dan menata RTH, namun jika diliat dari kesiapannya Desa Mega Timur lebih mempunyai kesiapan, sehingga kedepannya kami berharap Desa Mega Timur dapat menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya," pungkasnya.(rja)

Editor : Edi Suhaerul

Share:
Komentar

Berita Terkini