KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – PDAM Kubu Raya terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Melalui acara launching aplikasi “Halo Tukang Ledeng” yang dilanjutkan dengan Bimtek bagi 100 pegawai di Ruang Mahoni, Hotel Qubu Resort, Direktur PDAM Kubu Raya Harmawan memperkenalkan sistem aduan baru yang dirancang lebih mudah dan cepat.(26/9/2025).PDAM Kubu Raya Luncurkan Aplikasi “SILE Pelanggan”, Aduan Jadi Mudah dan Cepat
Harmawan menjelaskan, aplikasi ini dinamai SILE Pelanggan (Singkatan dari Sistem Layanan Elektronik Pelanggan). Meski sementara hanya bisa diunduh melalui website resmi PDAM, aplikasi ini menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan cukup dengan memasukkan ID pelanggan, nomor telepon, dan password yang dibuat sendiri.
Keunggulan aplikasi SILE Pelanggan terletak pada fitur tracking real time, mirip layanan belanja online.
“Pelanggan bisa langsung memantau posisi dan status aduannya, apakah sudah ditangani atau masih dalam antrean. Jika dalam 12 jam belum ada pergerakan, pelanggan bisa langsung menghubungi petugas melalui nomor yang tersedia,” jelas Harmawan.
Fitur ini juga dilengkapi sistem pengingat otomatis. Apabila dalam 10 jam tidak ada perubahan status penanganan, pengaduan tersebut akan mendapat atensi khusus dari manajemen agar segera ditindaklanjuti.
Selain melalui aplikasi, PDAM Kubu Raya juga membuka kanal aduan lewat media sosial resmi maupun langsung melalui akun Bupati Kubu Raya.
“Bahkan jika laporan masuk melalui media sosial pribadi Pak Bupati, akan tetap diteruskan ke admin PDAM untuk diproses secara cepat,” tambahnya.
Menurut Harmawan, inovasi ini merupakan langkah PDAM untuk lebih transparan, responsif, dan dekat dengan pelanggan. Ia berharap dengan adanya aplikasi SILE Pelanggan, masyarakat bisa lebih percaya dan puas terhadap layanan air bersih. (uu)
Editor : Aan