![]() |
Tokopedia-TikTok Shop Dukung Kemenko PM RI Gelar Live Shopping di Bazaar Ramadan ‘Jejak Jajanan Nusantara’ |
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Sebagai upaya mendukung komitmen pemerintah dalam memberdayakan UMKM lokal, Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia berkolaborasi dalam mengadakan sesi live shopping di kegiatan offline ‘Ramadan Berdaya: Jejak Jajanan Nusantara Kemenko PM 2025’, yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat RI sepanjang 18-20 Maret 2025. (19/3/2024)
Sesi live shopping tersebut turut dimeriahkan
oleh Menteri Koordinator Bidang
Pemberdayaan Masyarakat RI, Muhaimin Iskandar bersama Head of Public Policy TikTok Indonesia, Muhammad Hilmi Adrianto dan perwakilan dari UMKM mBAKSOimah (akun: Tokopedia dan TikTok). (Foto lengkap kegiatan terlampir)
Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan
Masyarakat RI, Muhaimin Iskandar, menyampaikan, “Penyelenggaraan ‘Ramadan
Berdaya: Jejak Jajanan Nusantara Kemenko PM 2025’ menjadi salah satu langkah
konkret pemerintah dalam menciptakan ekosistem pemberdayaan UMKM agar dapat
terus berlanjut serta semakin tumbuh dan berdaya. Melalui sinergi antara
pemerintah dengan berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan TikTok Shop, di
momentum Ramadan tahun ini, kami berharap dapat memberikan ruang bagi UMKM
untuk berkembang dan meningkatkan usaha mereka lebih jauh.”
Head of Public Policy TikTok Indonesia,
Muhammad Hilmi Adrianto, mengungkapkan, “Lewat kolaborasi yang
makin erat bersama TikTok, Tokopedia dan TikTok Shop terus mendukung berbagai
inisiatif pemerintah untuk memberdayakan UMKM. Salah satunya lewat pemanfaatan
fitur live shopping dan video pendek.
TikTok Shop menemukan bahwa jumlah penjual naik sekitar 40% menjelang
Ramadan 2025[1]
dan peningkatan pesanan para penjual di TikTok
Shop rata-rata 2 kali lipat[2].
Kami juga mencatat produk terlaris lewat live
streaming di TikTok, antara lain baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, dan hampers[3].”
“Di pekan pertama
Ramadan 2025, pada kategori Makanan dan
Minuman, produk paling laris di Tokopedia antara lain hampers, camilan (makaroni dan puding),
serta kurma, sedangkan di TikTok Shop antara lain bahan masakan (minyak goreng
dan gula), kue (nastar dan bika ambon), serta kurma[4].
Pelaku UMKM mBAKSOimah menjadi salah
satu dari jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop, yang mengalami
peningkatan penjualan pada momen Ramadan 2025,” tutup Hilmi.