Atasedikbud KBRI Malaysia Resmi Buka KKN Universitas Darussalam Gontor

Editor: Redaksi author photo

Atasedikbud KBRI Malaysia Resmi Buka KKN Universitas Darussalam Gontor

KALBARNEWS.CO.ID (
KUALA LUMPUR) - Peserta KKNI Malaysia UNIDA Gontor memulai kegiatan perdananya. Kegiatannya ini diawali dengan pembukaan KKN bersama Atasedikbud KBRI Malaysia yang bertempat di Sekolah Internasional Kuala Lumpur (SIKL). Kamis (7 Maret 2024).


Kehadiran peserta KKNI Malaysia ini disambut baik oleh  Friny Napasti S.Pd. M.Pd. selaku Kepala Sekolah SIKL, kegiatan pembukaan ini diawali dengan menyanyikan pembukaan dan lagu Indoenesia Raya, setelah selesai dilanjutkan dengan sambutan oleh Al-Ustadz Kurnia Rahman Abadi, S.E, M.M., selaku Dosen Pembimbing Lapangan peserta KKN UNIDA Gontor.

 

Kurnia menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan KKN ini adalah sebagai salah satu bentuk kontribusi mahasiswa/wi UNIDA Gontor kepada negara Indonesia dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang berada di semenanjung Malaysia.

 

“Saya mengucapkan terimakasih yang sangat mendalam karena telah diizinkan untuk bekerja sama dengan SIKL ada diberi kesempatan untuk belajar tentang pendidikan dan kebudayaan di Kuala Lumpur,” ungkap Kurnia.

 

Pembukaan diadakan di SIKL dibuka langsung Kepala Atdikbud KBRI Malaysia Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si.

 

Dalam sambutannya Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si. mengatakan SIKL ini didirikan sesuai dengan amanat dari pemerintahan Indonesia untuk menjembatani pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia dengan berpedomankan, meng-Indonesia-kan anak-anak Indonesia di Malaysia.

 

Bentuk Afirmasi Pemerintah Indonesia terhadap pendidikan anak Indonesia yang berada di Malaysia dengan menyediakan beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) bagi anak-anak yang ingin melanjutkan bangku pendidikan SMA di Indonesia dengan kuota beasiswa berjumlah 400 orang,” jelasnya.

 

Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si menambahkan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan pemerintah Indonesia juga menyediakan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) beasiswa ini berprogam untuk anak-anak Papua, anak-anak pekerja Indonesia di Malaysia, dan Daerah khusus 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terpencil).

 

UNIDA Gontor juga secara resmi telah menjalin kerja sama dengan SIKL.

 

Diakhir Firdaus berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menjadikan inspirasi bagi anak-anak Indonesia di Malaysia untuk mau kembali ke Indonesia. (WyS)

Editor : Firdis

Share:
Komentar

Berita Terkini