Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat Lakukan Forum Dialog Pasca Pemilu

Editor: Redaksi author photo
KALBARNEWS. CO. ID (PONTIANAK) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat lakukan Forum Dialog Pasca Pemilu Tahun 2024.

Forum Dialog Pembudayaan Sikap Dan Aksi Bela Negara Bagi Aparatur Dan Masyarakat Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pasca Pemilu Tahun 2024 dengan Tema Bhenika Tinggal Ika Sebagai Perekat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Orchard jalan Gajah Mada Pontianak pada hari Senin (26 Pebruari 2024).

Kegiatan ini diikuti oleh Semua Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten dan Kota Se-Kalimantan Barat. 

Selain itu hadir juga Organisasi Sosial Kemasyarakatan (Ormas) antara lain Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini (FKDM), Unsur Organisasi Kepemudaan (OKP) serta Perwakilan Mahasiswa di Kalimantan Barat. 

Dalam sambutan pembukaan Forum Diskusi tersebut, Direktur Bina Ideologi, Karakter Dan Wawsan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri, Drs Derajat Wisnu Setiawan, M.M mengatakan pentingnya Pembudayaan Sikap Dan Aksi Bela Negara Bagi Aparatur serta masyarakat pasca Pemilu 2024.

"Forum Dialog Pasca Pemilu Tahun 2024 ini kami anggap sangat perlu dilakukan, Kami ucapkan terimakasih kepada Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Kaban Kesbangpol Se-Kalimantan Barat serta tokoh masyarakat semua yang bisa hadiri Forum Dialog Ini," ucapnya. 

Derajat Wisnu Setiawan menyebut bela negara dan menjaga persatuan serta Kesatuan Bangsa dengan tetap mengedepankan Kebhinekaan sebagai perekatnya. 

Hal yang sama disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat, Drs H Manto Saidi, M. Si, Ia mengatakan Bela negara itu bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI-Polri saja tetapi menjadi Kewajiban semua warga negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Bela Negara itu bukan hanya dengan angkat senjata, tetapi semua lini termasuk menjaga persatuan dan Kesatuan bangsa termasuk bela negara," tegas Manto. 

Kaban Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat ini mengatakan menjaga situasi dan kondisi daerah yang kondusif pasca Pemilu merupakan tugas semua elemen, oleh karenanya Forum Dialog yang melibatkan semua pihak harus dilakukan. 

"Memang Forum Dialog ini belum merangkup semua, masih ada beberapa yang belum kita undang, namun kami berharap bapak dan ibu yang hadir juga bisa menggaungkan ini kepada masyarakat di Kalimantan Barat," harapnya. 


Dialog Pembudayaan Sikap Dan Aksi Bela Negara Bagi Aparatur Dan Masyarakat Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Pasca Pemilu Tahun 2024 dengan Tema Bhenika Tinggal Ika Sebagai Perekat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa ini dilanjutkan dengan Penyampaian Materi dari 3 Narasumber yang berasal dari unsur Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Akademisi dan unsur Kodam XII/Tpr. (tim liputan). 

Editor : Heri



Share:
Komentar

Berita Terkini