Kualitas Sineas Muda Kalbar di FFPK 2023 Kian Meningkat

Editor: Redaksi author photo

 Kualitas Sineas Muda Kalbar di FFPK 2023 Kian Meningkat

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Festival Film Pelajar Khatulistiwa (FFPK) ke-4 Tahun 2023 telah mengumumkan para juaranya. Berlokasi di Gedung  Konferensi Universitas Tanjungpura, lomba perfilman Sineas Muda kali ini diikuti sebanyak 38 karya yang lolos syarat administrasi. 


Karya-karya ini berasal dari seluruh peserta dari kalangan pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa. Karya para peserta sendiri dapat dinikmati di kanal Youtuber resmi FFPK di tautan ini (1) Festival Film Pelajar Khatulistiwa - YouTube.


Melibatkan 7 orang juri yang berkompeten di bidangnya, sedari Sabtu (30/12/2023) pagi, telah dilaksanakan sesi pemutaran film hasil karya peserta, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi, sekaligus menutup sesi penjurian dari FFPK ke-4 tahun ini. 


Rangkaian kegiatan tersebut kemudian berlanjut hingga sore hari dengan agenda penganugerahan para pemenang film terbaik FFPK ke-4.


Adapula kategori individu yang terdiri dari sutradara terbaik, sinematografi terbaik, naskah terbaik, poster terbaik, pemeran pria dan wanita terbaik, serta karya terfavorit.


Ditemui awak media seusai acara, Ketua Panitia Penyelenggara FFPK ke-4, Zulfydar Zaidar Mochtar, S.E., M.M memberikan tanggapannya terkait rangkaian kali ini.


Zulfydar menyampaikan FFPK kali ini mengusung tema sosial dan politik. Ia menyebut, kualitas kegiatan dari FFPK pada tahun keempat kali ini sudah jauh meningkat kualitasnya.


“Selisih poin pada tahun ini terlalu lebar, dan para juri cukup panjang dan intens berdiskusi untuk menentukan para pemenang, sehingga hasilnya benar-benar fair,” jelasnya.


Cukup spesial, pada tahun ini FFPK telah memperluas kepesertaan. Tidak hanya dari Kalimantan Barat saja, melainkan dari berbagai daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan lain-lain.


“Ini membuktikan bahwa kita mampu menggelar festival film berlevel nasional. Tahun 2024 kami akan mencoba kembali mengundang peserta dari seluruh Indonesia. Tentu sejumlah kekurangan juga menjadi catatan untuk diperbaiki kedepannya,” ungkap tokoh Kalbar ini.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah berkontribusi atas suksesnya penyelenggaraan FFPK 2024 yang rangkaiannya telah dimulai sejak pertengahan tahun 2023.


“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkot Pontianak dalam hal ini Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang turut membantu perkembangan kemajuan perfilman di kota ini, lewat pelatihan kepada pelajar. Juga kepada Rektor Universitas Tanjungpura yang telah memfasilitasi Gedung Konferensi ini sebagai venue penganugerahan FFPK ke-4. Tidak lupa juga kepada dukungan dari para tamu undangan dan stakeholder yang hadir,"ungkapnya.


Hadir dalam acara penganugerahan Asisten Bid Administrasi Uum Sy Farida, Ketua KPID Kalbar, Ketua KPDI Deddy Malik, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Zulkifli, perwakilan Dinas Pariwisata Kota Pontianak, perwakilan Untan, pemerhati budaya Limin Wong, dan lain-lain.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini