Dorong Tranparansi Dan Efektifitas Anggaran STRANAS-PK Luncurkan Aplikasi SIPD

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) -  Sebagai salah satu rangkaian dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (@Stranas_PK) meluncurkan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), aplikasi umum untuk seluruh pemerintah daerah dalam proses pengelolaan anggaran, Jakarta pada hari Selasa (12 Desember 2023).

 

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK sekaligus Koordinator Pelaksana Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK), Pahala Nainggolan menyampaikan bahwa peluncuran ini merupakan bagian dari aksi integrasi perencanaan, penganggaran, dan pelaporan untuk sinergi program pengentasan kemiskinan ekstrem 2023 dan 2024.

 

“Program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS-PK) ini merupakan bagian dari aksi integrasi perencanaan, penganggaran, dan pelaporan untuk sinergi program pengentasan kemiskinan ekstrem 2023 dan 2024,” jelasnya.

 

Hal yang sama disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Abdullah Azwar Anas selaku Koordinator Tim Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) menyatakan bahwa peluncuran ini menandakan integrasi sistem antar-kementerian dan lembaga baik di pusat, daerah, hingga ke desa.

 

Tujuan peluncuran SIPD adalah sebagai aplikasi umum untuk mengakselerasi integrasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan pemerintah daerah. Harapannya ada interoperabilitas, yaitu koordinasi dan kolaborasi antar-sistem elektronik, antar-proses bisnis, pertukaran data dan informasi layanan,” pungkasnya. (Sumber : Humas KPK-RI).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini