Sungai Pawan Meluap Banjir Rendam 8 Desa di Ketapang

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) – Sebanyak dua kecamatan dengan delapan desa di Kabupaten Ketapang terendam banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Pawan, akibat tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir.



“Ada 8 desa terdampak, desa Sandai, Muara Jekak, Petai Patah, Panjawaan, Randau Jungkal, Istana, Demit dan Desa Alam Pakuan,” ujar Daniel, Ketua Satuan Tugas Informasi BPDB Kalbar, Senin (27/11/2023).



Banjir yang terjadi di 2 kecamatan yakni Sandai dan Tumbang Titi, menurut data yang dihimpun petugas, terdapat ribuan korban yang terdampak.



“Ada 3.120 kk yang terendam rumahnya kemduian ada 9.770 jiwa yang terdampak,” terangnya.


Meski banjir sudah merendam pemukiman, namun masyarakat enggan dievakuasi lantaran berharap banjir dapat surut dalam waktu dekat.



“Saat ini tim sedang melakukan assesment ke lokasi untuk menginventarisasi jumlah penduduk dan fasilitas umum yag terdampak,” turut Daniel.



Daniel menyebut jika dalam waktu dekat banjir tidak terkendali, masyarakat diharapkan bersedia untuk dilakukan evakuasi.



“Kita menghimbau seluruh masyarakat agar tidak panik, selamatkan dokumen yang berharga dan apabila kondisi banjir ini tidak terkendali harus bersedia di evakuasi petugas,” katanya.



Sebari melihat perkembangan cuaca, Daniel menegaskan agar masyarakat tidak ragu untuk meningkatkan status dai banjir yang terjadi di dua kecamatan tersebut.



“Pemerintah kabupaten apabila banjir tidak terkendali agar menetapkan status tanggap darurat agar penanganannya lebih optimal,” tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini