Posyandu Wadah Tepat Sosialisasikan Percepatan Penurunan Stunting

Editor: Redaksi author photo

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson saat Jambore Kader Pos Pelayanan Terpadu


KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson saat Jambore Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk Tingkat Kabupaten Bengkayang menegaskan, Posyandu merupakan tempat atau wadah yang tepat dalam pendekatan sosialisasi percepatan penurunan stunting. Senin (20 November 2023)


"Untuk mendapatkan pengetahuan terkait pola asuh, pola konsumsi yang baik tentunya melalui edukasi gizi di Posyandu dalam upaya mencegah stunting. Karena kami yakin untuk bisa mempercepat penurunan stunting maka kuncinya yaitu adanya pengetahuan kecukupan asupan gizi yang baik bagi para orang tua khususnya para ibu-ibu kepada anak-anak mereka. Dan pengetahuan atau edukasi gizi itu lebih mudah didapat di Posyandu," kata Harisson saat membuka kegiatan jambore di Posyandu Puring Bengkayang, Senin.


Harisson mengatakan dengan adanya bimbingan dari para kader Posyandu bersama TP-PKK sebagai Bunda Posyandu. Kemudian petugas Penyuluh Keluarga Berencana dan bidan. Untuk itu, Pj Gubernur Kalbar menghimbau agar para orang tua atau para ibu untuk tidak segan-segan membawa anak Balitanya mendatangi posyandu, guna melihat perkembangan anak dan meningkatkan pengetahuan gizi.  


"Dengan memberikan asupan gizi yang cukup kepada anak-anak kita yang ada saat ini maka kita dapat mempersiapkan generasi atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempuni. Ingat kita harus benar-benar mempersiapan generasi emas dimana di tahun 2024 kedepan kita akan menyambut bonus demografi. Indonesia juga diperkirakan akan menjadi negara maju di tahun 2045. Untuk menghadapi hal itu, tentu sejak saat ini kita mempersiapkan generasi kita agar mereka menjadi tenaga kerja yang terampil mengisi kemajuan Indonesia ke depan," tutur Horisson.


Sememtara itu, Kepela Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar menilai apa yang dilakukan PJ Gubernur yang turun langsung bersama Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari itu sangat luar biasa. Dimana dalam kegiatan kunjungan kerjanya salah satunya terkait keberadaan Posyandu sebagai wadah pencegahan stunting.


"Dari kegiatan kunjungan kerja pak Pj ini tujuan yang akan kita capai dan garap bersama-sama bagaimana untuk bisa mendorong para ibu-ibu yang punya balita dan hamil untuk dapat mengetahui pola kosumsi yang baik agar perkembangan anak-anak mereka tidak jatuh menjadi stunting," ungkap Pinta.


Pinta mengatakan, di Posyandu para ibu-ibu tersebut tidak hanya bertamu dan mendapat edukasi pola makan kecukupan gizi saja, akan tetapi di Posyandu itu salah satunya dipraktekkan cara mengolah makanan yang baik dan sebagainya.


"Hal-hal seperti ini menurut saya harus dapat terus dilakukan dan kami telah sampaikan kepada para PKB dan OPDKB, agar kegiatan sosialisasi di Posyandu seperti itu agar terus digalakkan. Kemudian kepada para PKB dan OPDKB yang bergerak ini kami juga terus mendorong agar mereka dapat melebarkan penyebaran sosialisasi edukasi gizi tersebut kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkayang," tutup Pinta.(BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini