Hari Santri Nasional Di Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023 Dipusatkan Di Kantor PCNU

Editor: Redaksi author photo

Hari Santri Nasional Di Kabupaten Kubu Raya Tahun 2023 Dipusatkan Di Kantor PCNU

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Dalam rangka memeringati Hari Santri Nusantara (HSN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kubu Raya melaksanakan berbagai kegiatan, dimulai dengan perlombaan Nasyid, Sholawatan, Jalan Sehat Ala Santri dan diakhiri dengan Apel Hari Santri Nusantara (HSN) yang dipusatkan dihalaman kantor Bupati Kubu Raya di Jalan Arteri Supadio Sungai Raya pada hari Minggu (22 Oktober 2023).


Hal tersebut disampaikan Ketua PCNU Kabupaten Kubu Raya, KH Abdussalam, S.Ag, M.Si didampingi Ketua Peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) Tahun 2023, Ustad Junaidi, SE.I usai pelaksanaan rangkaian HSN tahun 2023 dilaksanakan.


“Hari santri merupakan penghargaan negara terhadap perjuangan para santri dan kyai dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, Dengan Peringatan HSN 2023 ini mengenang keterlibatan para santri dan menggelorakan semangat juang para santri pada saat ini agar para santri tetap selalu bersemangat dalam menuntut ilmu dan membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk modal mereka dalam mengisi kemerderdekaan dengan berkarya di segala lini kehidupan,” ucap KH Abdussalam.


Ketua PCNU Kabupaten Kubu Raya, KH Abdussalam, S.Ag, M.Si berharap dengan dilaksanakanya rangkaian Peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) Tahun 2023 ini bisa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri paras Santri dan Santriwati khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya.


“Diharapkan para santri bisa selalu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri di perbagai disiplin ilmu pengetahuan, terutama dalam Ilmu Tekhnologi para santri tidak boleh tertinggal dan harus merespon lajunya arus informasi dan tekhnologi dengan cepat dan benar,” ucapnya.


Sementara itu Wakil Bupati Kubu Raya, H Sujiwo, SE, M.Sos yang juga merupakan Mustasyar PCNU Kabupaten Kubu Raya mengungkapkan rasa bangganya atas antusiasme warga Kubu Raya mengikuti peringatan Hari Santri.


Menurutnya, antusiasme ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa santri dan ulama dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Para ulama dan santri mempunyai andil yang sangat besar dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. Adanya peringatan Hari Santri dan Alhamdulillah dirayakan dengan sangat luar biasa oleh masyarakat Kubu Raya menandakan bahwa warga Kubu Raya tidak melupakan peran santri dan ulama," ujar Sujiwo.


Sebagai Mustasyar PCNU Kubu Raya, H Sujiwo, SE, M.Sos mengaku ikut bangga karena dalam peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) tahun 2023 ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kubu Raya bisa melaksanakan rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Halaman Kantor PCNU Kubu Raya.

 

Selain itu Wakil Bupati Kubu Raya ini juga menyampaikan pesan kepada Santri dan Santriwati bahwa momentum peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) ini menjadi penyemangat dalam menimba ilmu di Pondok Pesantren karena di Pondok Pesantren inilah awal pembentukan karakter pemimpin-pemimpin besar yang ada di Negara ini.  


"Kembangkan diri dengan sebaik-baiknya di pesantren tempat kalian menimba ilmu. Menjadi santri bukan berarti menutup peluang untuk berkiprah di bidang lain. Sudah banyak santri yang menjadi polisi, tentara, pengusaha, kepala daerah, menteri, dan seterusnya. Bahkan pada periode 1999-2001 silam, Indonesia ini pernah dipimpin oleh santri yang bernama K.H. Abdurrahman Wahid," imbuhnya.


Sebagai Informasi Rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nusantara (HSN) tahun 2023 di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kubu Raya diisi dengan kegiatan Lomba Hadrah, jalan Sehat dan Karnaval Ala Santri, Sholawat Akbar dan diakhiri dengan Apel Hari Santri Nusantara (HSN). (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini