Umat Buddha Kalbar Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan

Editor: Redaksi author photo

Umat Buddha Kalbar Ziarah Makam Pahlawan
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Hujan mengguyur Kota Pontianak tak mengurungkan niat ratusan umat Buddha Kalimantan Barat melaksanakan karya bakti ziarah makam ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (28 Mei 2023) pagi.

Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat, Naryoto mengatakan ziarah makan pahlawan merupakan kegiatan rutin dan positif di momen perayaan Waisak 2567 BE atau 2023.

“Karena momen Waisak adalah moment kita untuk bersama-sama ada penyadaran diri. Salah satunya menghormati para pahlawan, seperti pesan Bung Karno, bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawan. Dan ini merupakan kewajiban kita bagaimana kita menghormati jasa pahlawan,” ujarnya.

Menurut Naryoto, tanpa jasa pahlawan belum tentu kehidupan kita berjalan seperti saat ini. Apalagi Indonesia pernah dijajah selama 350 tahun oleh bangsa asing.

“Tanpa usaha pahlawan, belum tentu kita seperti ini, bisa jadi pegawai, penyuluh, jalankan profesi masing-masing. Karena itu, kewajiban kita untuk menghormati beliau yang  sudah berjasa pada bangsa dan negara, serta melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini,” tuturnya.

Naryoto memaparkan, dalam Dhammapada disebutkan bahwa sungguh sulit untuk dapat lahir sebagai manusia, sungguh sulit kehidupan manusia dan sungguh sulit lahirnya seorang Samma Sambuddha.

“Artinya lahir sebagai manusia itu berkah yang luar biasa, karena itu kesempatan yang berharga ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagaimana kita berbuat baik untuk orang lain, bangsa dan negara,” jelasnya.

Sementara tema Waisak 2567 BE tahun 2023 yaitu kita teguhkan toleransi untuk Indonesia maju. Menurut Naryoto sudah seharusnya menjadi tugas kita bersama. 

“Sebagai umat Buddha kita ambil bagian untuk membangun toleransi, baik intern umat Buddha dan antar umat beragama, serta bersama-sama berkarya untuk  kebaikan diri sendiri, bermasyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

Ketua Panitia Waisak Bersama Kalimantan Barat, Sujono menjelaskan bahwa pelaksanaan upacara di TMP adalah untuk memberi penghormatan kepada para pahlawan dan mengenang jasa mereka dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE yang jatuh pada Minggu (4/6/2023).

“Kegiatan (ziarah makam) ini adalah rangkaian kegiatan menyambut Waisak 2567 BE. Hari ini, kita beri penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dan kita doakan para pejuang yang telah gugur agar bisa terlahir di alam bahagia,” tuturnya.

Sujono menambahkan, rangkaian kegiatan lainnya dalam menyambut Waisak 2567 BE adalah bakti sosial bagi sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Kalimas, Kubu Raya pada Jumat (2/5/2023), serta acara puncak yaitu Dharmasanti yang diadakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat pada Minggu (11/6/2023) mendatang.

Ketua Generasi Muda Buddhis Indonesia (Gemabudhi) Kalimantan Barat, Steven Greatness mengapresiasi Panitia Waisak Bersama 2023 Kalimantan Barat tiap tahun menggelar kegiatan ziarah makam pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Orang bijaksana dapat mengenang jasa pendahulu dan ingat budi para pejuang. Dengan momen ini di bulan suci Waisak, mari kita seluruh umat Buddha merefleksikan diri bagaimana kita bersemangat dan berjuang seperti para pahlawan yang rela meninggalkan segalanya demi bangsa dan negara,” ujarnya.

Steven juga mengajak umat Buddha memantapkan diri meningkatkan hubungan intern umat Buddha di momen perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE tahun 2023 yang mana di Kalbar akan digelar perayaan Dharmasanti secara bersama-sama.

“Semoga kebersamaan seluruh umat Buddha di Kalimantan Barat tetap terjaga baik dan semangat ini memotivasi kita jadikan tradisi merayakan Waisak dengan berbagai aliran yang berbeda  menciptakan satu kesatuan,” pungkasnya. (sgt)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini