NTU Singapore Nanyang Business School Resmikan Pusat Studi Baru

Editor: Redaksi author photo

NTU Singapore Nanyang Business School Resmikan Pusat Studi Baru 
KALBARNEWS.CO.ID (SINGAPURA)  -- Nanyang Technological University, Singapore (NTU Singapore) Nanyang Business School (NBS) meresmikan sebuah pusat studi baru yang meningkatkan penelitian ilmiah tentang keuangan berkelanjutan (sustainable finance) dan inovasi finansial. Hal ini sejalan dengan perubahan iklim dan pesatnya perkembangan teknologi sehingga mendatangkan tantangan baru bagi kalangan perusahaan dan lembaga keuangan. Senin (8 Mei 2023).

Centre for Sustainable Finance Innovation (CSFI) akan menjalankan aktivitas akademik dan riset untuk mengembangkan solusi yang menjawab masalah di dunia nyata seputar aspek keberlanjutan dan teknologi. Kedua hal ini menjadi motor penggerak yang menentukan masa depan jasa keuangan. Maka, CSFI ingin memimpin riset mutakhir tentang dua hal ini guna membina SDM yang mengembangkan sektor keuangan berkelanjutan dan Tekfin di Singapura.


CSFI akan mengkaji bagaimana perubahan iklim dan tantangan lingkungan hidup mendorong kalangan perusahaan bertransisi menuju pertumbuhan berkelanjutan. CSFI juga meneliti perubahan permodalan dan investasi yang berada di balik transisi fundamental tersebut di industri.


Di sisi lain, CSFI akan mengeksplorasi inovasi finansial yang terwujud dari perkembangan teknologi dapat diterapkan secara cermat dan berkelanjutan. Produk dan jasa keuangan baru atau teknologi yang meningkatkan produktivitas di sektor keuangan juga menguji kerentanan dan daya tahan sistem finansial.

CSFI diresmikan di acara "NBS Knowledge Lab Dean's Distinguished Speaker Series" yang menampilkan pembicara tamu Tan Chuan-Jin, Ketua DPR Singapura. Dalam sesi diskusi yang dimoderatori Dekan NBS, Profesor Christina Soh, Tan membahas peran penting stewardship, perencanaan strategis, dan inisiatif keberlanjutan dalam kesuksesan sebuah perusahaan dan negara.


Profesor Soh, juga menjabat Vice President (Strategy & Leadership Development), NTU, berkata: "Singapura selalu memimpin inovasi, dan peresmian Centre for Sustainable Finance Innovation mencerminkan komitmen NTU dalam merumuskan masa depan dunia keuangan. Di Nanyang Business School, kami menilai, inovasi berkelanjutan tak hanya menjadi kunci yang menjawab tantangan global, namun juga motor penggerak penting dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Lewat CSFI, kami ingin memanfaatkan keahlian kami di dunia keuangan, inovasi, dan aspek keberlanjutan untuk membuat perubahan positif, serta menciptakan dunia yang lebih baik."


Sejumlah proyek riset kini telah dijalankan CSFI, termasuk analisis atas sistem perpajakan emisi karbon dan perdagangan emisi karbon; mengkaji cara berbagai negara dengan sektor Tekfin yang telah berkembang dengan baik dalam menghadapi pemulihan PDB dan lapangan pekerjaan yang lebih cepat pada masa pandemi; serta, meneliti faktor penyebab akses kredit terhadap volatilitas perusahaan. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini