Guizhou Percepat Program East Data dan West Computing

Editor: Redaksi author photo

Guizhou Percepat Program East Data dan West Computing
KALBARNEWS.CO.ID (GUIYANG) -- Artikel berita dari Huanqiu.com: Di era teknologi pintar, data berperan sebagai "aset utama" yang menggerakkan pembangunan ekonomi, serta mesin penting yang meningkatkan pembangunan ekonomi lokal di Guizhou. (26 Mei 2023).

Pada dekade terakhir, Guizhou membangun beberapa pusat data berskala sangat besar bagi China Mobile, China Unicom, China Telecom, Huawei, Tencent, dan Apple sekaligus gencar mengembangkan industri big data. Perusahaan big data, seperti Esgyn, ZK-Vision, dan Pilot Information, juga berkembang pesat, sedangkan, klaster industri terus mengalami momentum pertumbuhan.


Didorong oleh big data, pertumbuhan ekonomi Guizhou terus berjalan cepat. Statistik menunjukkan, laju pertumbuhan ekonomi rata-rata Guizhou termasuk yang tertinggi di Tiongkok pada periode 10 tahun, tepatnya dari 2011-2021, melesat 248,8%. Di sisi lain, PDB Guizhou mencapai RMB 2.016,46 miliar pada 2022, naik hingga RMB 70,60 miliar dari angka PDB 2021.


Pada 2022, Guizhou resmi menjadi salah satu noda komputasi tingkat nasional dalam program "East Data & West Computing". Gui'an juga menjadi salah satu dari 10 klaster pusat data nasional di Tiongkok. Agar menjadi zona perkembangan dan inovasi ekonomi digital, Guizhou mempercepat pembangunan infrastruktur digital generasi baru, seperti pusat data, jaringan komputasi, dan 5G dengan berfokus pada program "East Data & West Computing". Maka, Guizhou selalu mengoptimalkan rencana pengembangan industri pusat data.


Dalam hal pusat data, pada akhir Maret, sebanyak 18 pusat data berskala besar dan sangat besar telah dibangun di Guizhou, termasuk delapan pusat data berskala sangat besar. Kapasitas server pusat data ini bahkan melampaui 2,25 juta unit, sedangkan, rack loading rate tercatat hingga 60,53%.

Dari sisi infrastruktur informasi, pada akhir Maret, 2.362 menara 5G baru telah didirikan di Guizhou. Sebanyak 87.000 menara 5G dan 1,916 juta km kabel optik juga telah terpasang.


Pada akhir April tahun ini, basis komputasi utama dari National (Guizhou) Hub Node of the National Integrated Computing Network tahap pertama telah memasuki uji coba peralatan fase akhir, serta segera beroperasi. Fasilitas ini akan menjadi sentra transmisi daya komputasi di Provinsi Guizhou, serta menyediakan layanan komputasi bermutu tinggi bagi kalangan perusahaan di Guizhou, bahkan Tiongkok.

Selain itu, Guizhou gencar mengembangkan dua proyek penting di Gui'an New District - NetEase Data Center dan Midea Cloud Data Center. Setiap proyek ini menghabiskan investasi hingga lebih dari RMB 1 miliar. Kedua proyek tersebut turut mendukung pengembangan program "East Data & West Computing" dan ikut mengembangkan basis dukungan komputasi nasional.


Dengan landasan yang telah dibangun industri big data dalam beberapa tahun terakhir, kondisi investasi di industri terkait terus meningkat di Guizhou. Menurut informasi dari Dinas Big Data Guizhou, pada Semester I-2023, Provinsi Guizhou merampungkan investasi senilai RMB 1,499 miliar untuk program "East Data & West Computing".


Guna menciptakan ekosistem pengembangan inovatif di ekonomi digital, Guizhou juga akan menggarap "Construction Year of Big Data Projects" pada seluruh provinsinya tahun ini. Tujuannya, menyelesaikan investasi proyek senilai RMB 20 miliar di sektor big data, serta melansir lebih dari 200 proyek ekonomi digital dengan pertumbuhan pesat. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini