Wakil Bupati Ketapang Hadiri Tradisi Penyalaan Keriang Bandong Dan Festival Meriam Karbit

Editor: Redaksi author photo

 Wakil Bupati Ketapang Hadiri Tradisi Penyalaan Keriang Bandong Dan Festival Meriam Karbit 
KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan SE., M.Si di dampingi Wakil Ketua TP-PKK Ketapang Ny. Hj. Ervani Masitha Farhan hadiri kegiatan tradisi Penyalaan Keriang Bandong dan Festival Meriam Karbit juga acara tersebut disertai dengan pemberian Santunan Anak Yatim Piatu. Rabu (12 April 2023), Bertempat di masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang.

Dentuman meriam karbit saling bersahutan sepanjang tepian sungai pawan Ketapang, sebagi penanda masuk nya waktu Maghrib sekaligus sebagai waktu nya untuk berbuka puasa bagi masyarakat Ketapang.

Tradisi ini terus dilestarikan oleh masyarakat Ketapang, khususnya masyarakat sepanjang tepian sungai pawan Ketapang, pada saat bulan suci Ramadhan.

Pada kegiatan tersebut Wabup mengatakan bahwa tradisi ini tidak hanya ada di Kabupaten Ketapang, tetapi juga ada dibeberapa wilayah lain.

"Tentunya tradisi ini, tradisi yang baik dan sangat positif, karena memiliki makna dan nilainya tersendiri" ucap Beliau.

Lebih lanjut Wabup Farhan menyambut baik kegiatan Penyalaan Keriang Bandong dan Meriam Karbit yang telah di inisiasi oleh Lawang Kekayun bersama remaja masjid At-Taqwa Kelurahan Kauman tersebut.

"Saya berharap, tradisi ini dapat terus di lestari kan, sebagai khasanah kebudayaan melayu Ketapang, serta dapat diturun temurunkan ke generasi selanjutnya," pungkasnya. ( Fendi's )

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini