Syafaruddin DaEng Usman: TPD Berperan Penting Hasilkan Pemilu Dan Pilkada Berkualitas

Editor: Redaksi author photo
Syafaruddin DaEng Usman
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Tim Pemeriksa Daerah (TPD) merupakan ujung tombak bagi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP-RI) dalam melakukan pemeriksaan perkara di daerah. 

Hal tersebut disampaikan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Kalimantan Barat, Syafaruddin DaEng Usman ketika ditemui redaksi www.kalbarnews.co.id di kediamannya pada hari Minggu (16 April 2023). 

"Kondisi geografis Indonesia yang luas dan sering kali membuat penanganan pelanggaran kode etik kurang efisien. Dengan adanya pemeriksaan di daerah, sudah pasti secara waktu dan ekonomi akan jauh lebih efisien", ungkap Syafaruddin DaEng Usman. 

Harapan kedepannya agar Tim Pemeriksa Daerah (TPD)  ini dapat terus mengawal para penyelenggara pemilu di daerah, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) untuk menjaga kode etik penyelenggara, ujarnya lanjut. 

Menurut Bang Din, sapaannya, integritas penyelenggara pemilu menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu dan Pillkada yang berintegritas, demokratis dan berkualitas. 

"Keberadaan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP-RI) sebagai satu kesatuan dalam penyelenggaraan Pemilu atau Pemilihan sama pentingnya bahkan sangat penting dalam mewujudkan pemilu atau pemilihan yang demokratis dan berintegritas," imbuhnya. 

Dikatakannya juga itu menjadi rambu pengingat bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) berserta jajarannya untuk selalu menguatkan komitmen mereka bahwa dalam melaksanakan teknis penyelenggaraan pemilu atau pemilihan harus dilakukan secara demokratis dan berintegritas. 

"Tentu mengingat besar dan pentingnya kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) beserta jajarannya dalam proses pemilu atau pemilihan yang hasil akhir dari kinerja mereka adalah terpilihnya para pemimpin yang akan mengisi jabatan eksekutif dan legislatif baik ditingkat nasional maupun daerah," tambah Bang Din. 

Kedepannya diharapkan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) tetap eksis dalam menjaga dan menegakkan etika penyelenggara pemilu karena keberadaan TPD dan DKPP RI dapat menjadi nilai tambah kepercayaan publik terhadap hasil pemilu atau pemilihan. (*tim liputan). 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini