Gemawan Pamerkan Produk Kelompok Desa Dampingan di Festival Sahur-sahur ke-20

Editor: Redaksi author photo

 Gemawan Pamerkan Produk Kelompok Desa Dampingan di Festival Sahur-sahur ke-20 
KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH) -  Sebagai organisasi masyarakat sipil (OMS) yang fokus dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat di tingkat tapak, Gemawan juga berupaya memberikan peningkatan kapasitas yang berdampak terhadap ekonomi komunitas. Dalam Festival Sahur-Sahur ke-20 Tahun 2023 di Mempawah, Gemawan turut serta meramaikan stand yang disediakan panitia. Berbagai kuliner dan produk kelompok mitra Gemawan ikut ditampilkan pada kegiatan ini.

Seperti diketahui, agenda tahunan yang dilaksanakan di Stadion Opu Daeng Manambon Mempawah ini berlangsung hingga tanggal 09 April 2023.

Lani Ardiansyah, Koordinator Community Organizer (CO) Gemawan di Kabupaten Mempawah, menyampaikan produk yang dipamerkan dan dijual di stand Gemawan merupakan produk-produk dari kelompok mitra di desa serta produk fundraising Gemawan.

"Kami sengaja memboyong produk hasil olah tangan komunitas mitra kami dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat," ucap Ucup, sapaannya, Kamis ( 6  April 2023) Malam.

Produk yang ditampilkan diantaranya madu, dodol mangrove, nanas, tepung pisang, minyak goreng, minyak VCO, sirup gedabu, manisan kelapa, keripik singkong, keripik dan stik keladi, kopi liberika, kerupuk jengkol, emping melinjo, madu kelulut, dan lainnya.

"Semua produk ini berasal dari kelompok yang selama ini mendapatkan peningkatan kapasitas dari Gemawan," lanjutnya menjelaskan produk.

Ucup menyebut aktivitas Gemawan saat ini memang mengejar target peningkatan ekonomi kelompok. "Kami ingin kemampuan ekonomi kelompok dapat terbangun. Karena ketika itu terjadi, maka resiliensi keluarga pun akan terpicu," jelasnya.

Keluarga, jelas Ucup, adalah masyarakat yang paling kecil. Meskipun paling kecil, menurut Ucup, keluarga punya peran penting mempersiapkan pondasi masyarakat. "Jika ekonomi keluarga bisa mandiri, maka kemandirian ekonomi masyarakat pun demikian pula," harapnya.

Semua produk ini, terangnya, adalah khazanah pangan lokal Kalimantan Barat. "Jadi, selain faktor peningkatan ekonomi, pengembangan produk ini didasari potensi lokal di tiap wilayah. Selain pelestarian pangan lokal, ada pula produk inovasi, seperti sirup gedabu dan dodol mangrove," paparnya lanjut.

Selain produk pangan lokal, produk-produk fundrising, seperti kaos, totebag, dan tumbler juga ditampilkan. "Produk-produk ini kami tawarkan untuk mendukung aksi perlindungan kawasan pesisir yang digagas Gemawan, khususnya dukungan terhadap rehabilitasi mangrove," tukasnya. 

Dana yang terkumpul, lanjut dia, dari produk fundrising ini, ditujukan untuk keberlanjutan aktivitas kelompok masyarakat yang menjaga mangrove.

"Alhamdulillah kemarin pas malam semifinal yang ke-3, Stand pameran Gemawan sempat dapat kunjungan dari Bapak Muda Mahendra yang kebetulan datang untuk menonton festival Sahur-sahur tersebut," tutup Ucup. (BP)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini