Shanghai Electric Tuntaskan Proyek Pembangkit Listrik Termal Terbesar di Pakistan

Editor: Redaksi author photo

Shanghai Electric Tuntaskan Proyek Pembangkit Listrik Termal Terbesar di Pakistan
KALBARNEWS.CO.ID (PAKISTAN) -- Tambang batubara yang terintegrasi dengan pembangkit listrik Thar Block-1 ("Proyek" atau "Proyek Thar") Shanghai Electric (SEHK: 2727, SSE:601727) di Pakistan, resmi beroperasi secara komersial pada 5 Februari 2023. Hal ini tercapai setelah kedua unit di proyek ini menjalani Reliability Run Test dan beroperasi dengan kapasitas penuh selama 168 jam. Proyek ini akan memasok sekitar sembilan miliar kilowatt-jam listrik bersih setiap tahun untuk jaringan transmisi listrik lokal, serta memenuhi kebutuhan listrik hampir empat juta rumah tangga. Selasa (7 Maret 2023).

"Thar Block-1 merupakan proyek Build-Own-Operate (BOO) pertama Shanghai Electric. Proyek ini dikembangkan, dibangun, dan dikelola dengan nilai investasi total hampir US$ 3 miliar. Sejak fase konstruksi berawal pada Maret 2019, kami gembira mengatasi isu kelangkaan pasokan listrik di wilayah lokal lewat solusi teknologi lengkap. Berkat kemitraan dengan pemangku kepentingan lokal, serta pemanfaatan bahan bakar lokal, kami berkontribusi besar menurunkan harga energi, meningkatkan struktur energi, menghapus krisis impor energi, serta memperkuat ketahanan energi nasional Pakistan," ujar Donghai Meng, Director CEO, Thar Coal Block-I Power Generation.


Proyek ini, berkapasitas total 1.320 MW, didukung tambang batu bara open-pit yang menghasilkan 7,8 juta lignit (batu bara cokelat) setiap tahun. Proyek ini melibatkan peralatan berteknologi canggih, seperti high-parameter steam turbine, generator, tower type boilerhigh-pressure heater, low-pressure heatercondenserde-aerator, 108 supporting motorblowerinduced draft fancooling fume fan, serta low-temperature economizer yang seluruhnya dipasok Shanghai Electric. Proyek ini akan menjadi tolok ukur dalam pemanfaatan energi Thar pada masa mendatang berkat teknologi yang dirancang khusus menurut kebutuhan bahan bakar fosil di wilayah lokal Pakistan.


Pemberdayaan komunitas lokal

Proyek Thar Project tidak hanya menjadi pencapaian penting Shanghai Electric, namun juga berkontribusi terhadap pembangunan sosial dan ekonomi bagi komunitas lokal. Selain menyediakan lebih dari 15.000 lapangan pekerjaan pada fase konstruksi, serta kontribusi pajak senilai lebih dari US$ 120 juta, Proyek ini juga mengadakan pelatihan kerja bagi pegawai lokal, serta mendirikan sekolah berbahasa Mandarin untuk pertukaran kebudayaan internasional. Komitmen tersebut meningkatkan kehidupan warga lokal, melestarikan alam, serta mempromosikan pembangunan ekonomi. Dengan demikian, proyek ini membawa angin segar bagi pembangunan wilayah Thar, serta membuktikan dedikasi Shanghai Electric dalam membangun proyek yang memberdayakan komunitas.


Di sisi lain, proyek ini juga mencerminkan komitmen Shanghai Electric dalam berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lokal. Tujuannya, menciptakan solusi jangka panjang dan berkelanjutan. Prosesnya melibatkan berbagai diskusi dan konsultasi dengan pemerintah lokal, kepala desa, serta perwakilan warga untuk menjamin stabilitas suplai listrik selama siklus penambangan di tambang open pit. Demi meningkatkan pembangunan ekologi yang memanfaatkan sistem irigasi dengan pemercik air (sprinker), Proyek ini juga mendukung pemerintah lokal untuk merelokasi warga asli yang bermukim di sekitar area tambang, sekaligus meningkatkan kondisi hidup, akses air bersih, dan listrik. Maka, Shanghai Electric sukses membuat standar baru dalam solusi energi yang bertanggung jawab.


Ke depan, Shanghai Electric akan selalu aktif menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan, serta bekerja sama dengan komunitas lokal demi masa depan yang lebih baik.


Shanghai Electric Group Company Limited (SEHK: 02727, SSE: 601727) adalah perusahaan terkemuka di dunia yang memasok solusi smart system bertaraf industri dan ramah lingkungan. Shanghai Electric menjangkau seluruh dunia, dan bergerak dalam segmen smart energyintelligent manufacturing, serta integrasi digital intelligence. Lebih lagi, Shanghai Electric mengutamakan pembangunan rendah karbon dan transformasi digital dengan merambah bidang baru, serta meningkatkan motor pertumbuhan baru. Shanghai Electric berupaya menjadi pemimpin industri yang mewujudkan emisi karbondioksida puncak sebelum 2030, serta mencapai netralitas karbon sebelum 2060. Shanghai Electric juga menghadirkan alat-alat produksi energi baru dan melokalisasi produksi peralatan premium. Maka, Shanghai Electric menciptakan peluang tanpa batas dalam ekosistem industri yang inovatif bersama mitra global. (Tim Liputan).

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini