Ketua Terpilih Berkomitmen Bangun Tempat Ibadah Umat Khonghucu Singkawang

Editor: Redaksi author photo

Ketua Terpilih Berkomitmen Bangun Tempat Ibadah Umat Khonghucu Singkawang
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Pelantikan Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Provinsi Kalimantan Barat masa bakti 2022 – 2026 berjalan dengan lancar dan sukses di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Selasa (28 Februari 2023).

Acara tersebut dihadiri Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Ormas mewakil Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat, Erwin Sitorus, Kabid Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam mewakil Kepala Kanwil Kemenag RI Provinsi Kalbar, H. Nahruji. 

Selain itu hadir juga perwakilan FKUB Kalbar , perwakilan MUI, Ketua Walubi Kalbar, Sekretaris Umum DPP MABT, Ketua PSMTI Kalbar, Perwakilan Perkumpulan INTI, Yayasan Bhakti Suci, Ketum Perwati, serta sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kalbar. 

Ketua Terpilih Matakin Kalbar, Js Sutadi SH dilantik langsung oleh Ketua Umum Matakin Pusat, Budi Santoso Tanuwibowo. Prosesi pelantikan diawali dengan mengucap janji jabatan, penandatanganan berita acara, menggalungkan Huang Lin Dai, dan penyerahan bendera pataka Matakin Kalimantan Barat.

Ketua Umum Matakin Pusat, Budi Santoso Tanuwibowo usai melantik Ketua Matakin Kalbar, Sutadi. Ia juga melantik Pengurus Matakin Sambas, Makin Pemangkat, dan Makin Sanggau.

Ketua Matakin Kalbar, Sutadi mengucapkan terima kasih kepada Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) se-Kalimantan Barat karena masih mempercayai dirinya memimpin Matakin Kalbar untuk empat tahun mendatang.

Ia menyampaikan akan menata organisasi Matakin dan Makin di Kalbar menjadi lebih baik, serta melanjutkan program yang belum terealisasi bersama Makin daerah, di antaranya pembangunan tempat ibadah umat Khonghucu di Singkawang, tempat sekolah minggu siswa Khonghucu, serta rencana mendirikan Sekolah Tinggi Agama Khonghucu Indonesia di Kalimantan Barat.

Wacana pembangunan Sekolah Tinggi Agama Khonghucu berada di perbatasan antara Kota Pontianak dan Mempawah dengan lahan seluas 10 hektare. 

“Ini kan baru rencana, semua tergantung kepada kementerian karena pembangunan sekolah ini kan dibiayai Kementerian Agama. Kita daerah, semua perpanjangan tangan dari Matakin Pusat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sutadi juga mengatakan tetap aktif bersama pemerintah menjaga kerukunan toleransi beragama di Kalimantan Barat.

“Jaga keharmonisan itu pasti, dalam acara ini (pelantikan) kita undang semua dari agama lain, ada MUI, NU, ada perwakilan Buddha dan semua agama kita undang. Kita tetap menjaga kerukunan agar Kalbar tetap aman dan kondusif,” tuturnya.

Ketua Umum Matakin, Budi Santoso Tanuwibowo  mengucapkan selama atas kembali terpilihnya Sutadi sebagai Ketua Matakin Kalimantan Barat.

Ia mengapresiasi Musyawarah Umat II Matakin Kalbar yang diselenggarakan panitia berjalan dengan lancar dan sesuai dengan AD/ART Matakin.  

“Selamat atas terpilihnya Bapak Sutadi sebagai Ketua Matakin Kalbar. Saya juga mengapresiasi atas Musyawarah Umat II Matakin Kalbar yang berjalan dengan lancar, kondusif, tertib dan demokratis. Saya optimis Matakin Kalbar akan maju di bawah kepemimpinan Pak Sutadi,” pungkasnya. (sgt)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini