Empat Program Sertifikasi Dari Google Untuk Tingkatkan Kemampuan IT

Editor: Redaksi author photo

Cek Empat Program Sertifikasi Dari Google Untuk Tingkatkan Kemampuan IT
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)Pemerintah mengungkapkan setidaknya Indonesia membutuhkan 600.000 talenta digital untukmenavigasi roda perekonomian setiap tahunnya. Hal ini memberikan peluang besar bagi generasi muda untuk berkarir di industri teknologi dan ikut berkontribusi menjadi salah satu talenta digital terdepan di Indonesia. Senin (14 Maret 2023).

Walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT, tetap ada kesempatan bagi kita meningkatkan keterampilan dan pengetahuan agar peluang karir di industri ini semakin terbuka. Google menghadirkan beberapa program untuk belajar IT yang menyajikan kurikulum yang dirancang khusus agar memudahkan peserta memahami dan meningkatkan keterampilan mereka di bidang IT. Ayo, simak empat program digital Google yang dapat kamu coba berikut ini:

 Bangkit

Bangkit adalah akademi karier yang didesain melalui kemitraan dengan Dirjen Pendidikan Tinggi dari Kemendikbud, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka—ditawarkan melalui Kampus Merdeka. Diperkenalkan sejak tahun 2020, Bangkit menawarkan topik pembelajaran machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Bangkit telah menghasilkan lebih dari 4.700 lulusan dan puluhan proyek terbaik menerima dana inkubasi sebesar masing-masing Rp140 juta. Gelombang pertama 2023 telah dimulai Februari 2023 ini, dan bagi kamu yang berminat bergabung, masih ada kesempatan di gelombang kedua pada pertengahan tahun nanti. Silakan pantau terus informasi lebih lanjut di sini.

Google Career Certificates

Google Career Certificates (GCC) merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang oleh pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia siap menghadapi era digitalisasi dan mendapatkan pekerjaan yang kini banyak dibutuhkan, seperti IT Support, Data Analytics, Project Management, dan UX Design. Sejak diperkenalkan pada Desember 2021, GCC telah memberikan belasan ribu beasiswa untuk mengasah skill dan belajar ilmu IT.

Program sertifikasi ini sepenuhnya dilakukan secara online sehingga peserta dapat mengakses video, bacaan, dan tugas pelatihan kapan saja dan di mana saja melalui web atau mobile. Bagi mahasiswa yang berminat dapat mendaftarkan diri dengan berlangganan di Coursera, atau pantau terus informasi lebih lanjut mengenai beasiswa sertifikasinya di sini.

Google Developers Students Club

Google Developer Student Clubs (GDSC) adalah kelompok komunitas berbasis universitas untuk mahasiswa yang tertarik dengan teknologi pengembang Google, guna membantu mereka menciptakan aplikasi kelas dunia. Mahasiswa dari semua program sarjana atau pascasarjana yang berminat menjadi developer, dapat ikut serta dalam program ini.

Dengan bergabung dalam GDSC, mahasiswa mengembangkan pengetahuan mereka dalam lingkungan pembelajaran peer-to-peer dan membangun solusi untuk bisnis lokal dan komunitas mereka. Pendaftaran untuk batch berikutnya dibuka mulai 1 April 2023 di sini. Setiap universitas dapat merancang program secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan minat masing-masing, termasuk workshop dan tech talk yang akan mendapatkan dukungan berupa mentoring dari Google.

Developers Students Club Solution Challenge

Komunitas Google Developer Student Club membuka program singkat Google Solution Challenge (GSC) untuk membangun solusi bagi masalah lokal menggunakan teknologi Google, sesuai dengan satu atau beberapa 17 Sustainable Development Goals (SDG).

Segera daftar di sini, bentuk tim dan ciptakan solusi, lalu kirimkan solusimu antara tanggal 17 Maret dan 31 Maret 2023. Tiga tim terbaik akan menerima uang tunai USD3,000 per anggota, bimbingan dengan pakar Google, dan sertifikat. GDSC Indonesia sendiri mengadakan HackFest pada 18 Maret 2023 untuk menyambut dan mempersiapkan tim Indonesia sebelum ikut GSC global. (Tim Liputan).

Editor : Aan


Share:
Komentar

Berita Terkini