Drs Jipridin Terpilih Sebagai Ketua Aswaja Center UNU Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Ketua Aswaja Center UNU Kalbar, Drs Jipridin M. Si

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Salah satu rekomendasi dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) yang digelar di Medan Sumatera Utara pada 8–10 Maret lalu adalah pembentukan Aswaja Center.

Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) adalah benteng ideologi utama warga Nahdliyin,tindak lanjut Rakernas Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) itu kemudian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat membentuk membentuk Aswaja Center.

Terpilih sebagai Ketua Aswaja Center UNU Kalbar adalah Drs Jipridin M. Si yang merupakan Wakil Rektor II Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat.

“Alhamdulillah, Aswaja Center sudah terbentuk. Saya diamanahkan menjadi ketuanya. Pembentukan ini merupakan amanat dari hasil Rakernas LPTNU di Medan belum lama ini,” jelas Drs Jipridin di kampus UNU Kalbar pada hari Kamis (16 Maret 2023).

Drs Jipridin menjelaskan Aswaja Center adalah amanat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) digelar di Meda Sumatera Utara, 8 – 10 Maret lalu. Rakernas ini dihadiri seluruh Perguruan Tinggi NU se-Indonesia, termasuk UNU Kalbar hadir.

Setelah Rakernas itu kita segera bentuk dan mungkin paling cepat ini. Aswaja selama ini hanya 2 SKS. Hasil Rakernas, Aswaja ditingkatkan menjadi 4 SKS. Kemudian, bagi mahasiswa sebelum ujian skripsi, harus ujian Aswaja dulu. Bila lulus mendapatkan sertifikat yang nantinya menjadi syarat untuk ujian skripsi,” jelas Jipridin.

Wakil Rektor II Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat menegaskan setelah terbentuk Aswaja Center untuk segera dikukuhkan. berikutnya merumuskan materi Aswaja yang akan diajarkan ke seluruh mahasiswa UNU Kalbar. Pengurus yang tergabung ada di antaranya sudah menguasai soal Aswaja ini.

Di antara nama yang selama ini mengajar mata kuliah Aswaja; KH Nasiruddin M Si, Salman A Farisi M Md, Rosadi Jamani S Ag M Si, dan Siti Rumaidah M Pd, Aswaja merupakan ciri khas NU maupun UNU Kalbar. Untuk itu kita perkuat dengan membentuk Aswaja Center ini. Harapannya, Aswaja semakin kuat membentengi warga nahdliyin dari segala ideologi lain terutama ideologi transnasionalisme,” harap alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini. (tim liputan).

Editor : Heri

 

Share:
Komentar

Berita Terkini