KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Tencent Cloud – Perusahaan yang bergerak dalam bisnis cloud dan
teknologi Global, Tencent, pada hari ini mengumumkan bahwa perusahannya telah diakui
sebagai penyedia jasa cloud nomor satu di pasar layanan media, menurut Asia-Pacific (APAC) Media Service Market Report 2022 yang
dirilis oleh Frost & Sullivan. Studi yang mengumpulkan wawasan data di Indonesia serta 8 pasar lainnya di wilayah regional
tersebut menemukan bahwa 33.4% perusahaan Media dan Entertainment memilih
layanan Tencent Cloud untuk
mengakselerasi perjalanan transformasi digital perusahannya guna memenuhi
kebutuhan layanan media di masa depan mulai dari pembuatan, pemrosesan, dan
transmisi konten, hingga komunikasi real-time, video-on-demand, live streaming, serta banyak lagi. Selasa (21
Februari 2023).Tencent Cloud Menjadi Penyedia Jasa Cloud Nomor 1 Di Pasar Layanan Media, Menurut Frost & Sullivan
Studi
dari Frost & Sullivan tersebut memetakan landskap layanan media
cloud yang kompetitif dengan mengevaluasi penyedia layanan cloud terhadap
tiga kriteria – kapabilitas aplikasinya, yang mengukur cakupan industri serta
pengalaman penyedia; kapabilitas layanannya, yang mengukur kualitas
infrastruktur yang dimiliki penyedia; serta level ekologinya, yang mengukur
sumber, integrasi, serta saluran distribusi penyedia. Tencent Cloud
menduduki peringkat pertama di kapabilitas aplikasi serta layanan, dan berada
pada tingkatan utama dalam level ekologi yang dimiliki.
Studi
tersebut juga mengemukakan integrasi yang kuat di dalam layanan media end-to-end milik Tencent Cloud,
seperti konsolidasi sumber daya jaringan ke dalam Tencent RT-ONE
Network untuk meningkatkan efisiensi biaya operasional pelanggan, serta
SDK out-of-box untuk meningkatkan kegunaan dan menurunkan
hambatan teknis penggunanya secara lebih baik.
Skala
pasar layanan media di Asia-Pasifik diproyeksikan akan
mencapai US$6.987 juta pada tahun 2026, dengan CAGR sebesar 27%
selama empat tahun ke depan. Selain itu, permintaan untuk solusi audio dan
video diperkirakan akan meningkat di berbagai industri hilir, dengan sektor
e-commerce menunjukkan CAGR terbesar di antara sektor lainnya termasuk game
online, media dan hiburan, perusahaan, serta layanan kesehatan.
Poshu
Yeung, Senior Vice President of Tencent Cloud International, menyoroti bahwa layanan media telah muncul dengan cepat dan
kini menjadi landasan cara masyarakat hidup dan berkomunikasi saat ini.
"Dengan memanfaatkan pengalaman Tencent selama dua dekade dalam
melayani dan menghubungkan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia
pada platform yang berhadapan langsung dengan konsumen, Tencent Cloud
berada dalam posisi yang kuat secara strategis untuk membantu perusahaan
mencapai "Konvergensi Imersif", sebuah konsep yang menggabungkan
teknologi dan pendekatan inovatif dalam mengintegrasikan ekonomi digital serta
dunia nyata untuk mewujudkan koneksi tanpa batas."
Saat
ini, Tencent Cloud menyediakan lebih dari 400 teknologi dan solusi
konektivitas yang mendukung "Konvergensi Imersif" melalui jaringan
infrastruktur globalnya, yang mencakup lebih dari 26 wilayah geografis di lima
benua dan 70 zona ketersediaan, dengan lebih dari 2.800 node akselerasi.
Mendorong
Landskap Layanan Media Asia-Pasifik dengan Strategi Bisnis Global
Yeung lebih lanjut mengatakan bahwa seiring dengan perluasan
jejak global Tencent Cloud, bisnis ini akan menggandakan sumber
dayanya untuk fokus pada inovasi. Penyedia layanan cloud ini juga ingin
meningkatkan kemampuan produknya dan mempercepat ekspansi internasional dari
produk intinya untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Didukung oleh ekosistem
mitra global yang berkembang pesat, Tencent Cloud berkolaborasi
dengan lebih dari 10.000 mitra di seluruh dunia, dan bersama-sama melayani dua
juta pelanggan dalam perjalanan transformasi digital mereka.
Menurut
laporan dari IDC, Tencent Cloud telah menduduki
peringkat pertama selama lima tahun berturut-turut di pangsa pasar Tiongkok
sebagai penyedia solusi audio-video cloud teratas. Komitmen perusahaan untuk
meningkatkan posisi terdepannya dalam bidang layanan media semakin disoroti
dalam peluncuran Tencent Cloud Media Services baru-baru ini pada bulan
Desember 2022. Brand audio dan video internasional terbarunya berupaya membantu
bisnis untuk meningkatkan pengalaman pengguna yang imersif dan menciptakan
dunia virtual yang dikustomisasi.
"Wilayah
Asia-Pasifik akan tetap menjadi pasar prioritas kami untuk pertumbuhan bisnis
jangka panjang. Melihat tingginya permintaan dari perusahaan hingga UKM yang
mencari solusi transformasi digital di berbagai industri, kondisi ini
membuktikan bahwa wilayah Asia-Pasifik merupakan pasar yang menjanjikan bagi
layanan media, dan diproyeksikan akan tumbuh hingga 19 kali lipat dari 2016
hingga 2026. Kawasan ini juga merupakan wilayah dengan pelanggan video-on-demand terbanyak,"
tambah Yeung.
Carmen
Zhu, Research Director at Frost & Sullivan, mengatakan, "Penyedia layanan cloud,
seperti Tencent Cloud, memiliki posisi yang tepat untuk menangkap
peluang pertumbuhan pasar layanan media di Asia-Pasifik. Teknologi yang
terintegrasi, penawaran layanan satu pintu, platform dengan kode rendah, serta
banyaknya perusahaan yang bergerak ke arah global merupakan peluang potensial
bagi penyedia layanan media. Solusi-solusi tersebut sangat penting bagi
kawasan ini, di mana pertumbuhan didorong oleh kondisi makro yang
menguntungkan, seperti penetrasi internet dan seluler yang tinggi, serta
pertumbuhan PDB yang cepat di seluruh Asia-Pasifik. Pengenalan terhadap
kebijakan pemerintah juga telah membantu dalam mengembangkan ekonomi digital
lebih lanjut serta memperluas kapasitas pasar dari berbagai segmen."
Tommy
Li, Vice President, Tencent Cloud,
mengatakan, "Dengan tingginya pengalaman praktis dan teknologi inti
terdepan yang dimiliki, kami ingin membangun kekuatan kami untuk lebih
memperkaya produk yang kami tawarkan di "Konvergensi Imersif", serta
mendukung pelanggan di industri konvensional, media dan hiburan, game, Web 3.0,
juga metaverse asli. Mulai dari meningkatkan produk Cloud-native, memperkuat
dukungan untuk multi-Cloud dan hybrid Cloud, hingga menghadirkan solusi terpadu
yang matang dan mudah digunakan di luar negeri, tim kami akan terus
mengembangkan produk yang lebih inovati untuk melengkapi penawaran cloud yang
sudah ada, serta memenuhi permintaan global saat ini."
Dalam
layanan media, Tencent Cloud telah membuat langkah signifikan dalam
mendukung berbagai perusahaan regional dan global untuk tumbuh secara global,
termasuk GE Healthcare, BeLive Technology, Mildom, MIXCHANNEL, Pokekara, dan
masih banyak lagi.(Tim Liputan).
Editor : Lan