Semarak Perayaan Tahun Pertama IWAPI Kabupaten Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo

 Semarak Perayaan Tahun Pertama IWAPI Kabupaten Kubu Raya
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Dengan diawali Perlombaan Peragaan Busana duet Ibu dan Anak acara puncak Hari Ulang Tahun Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kubu Raya yang pertama yang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Ignasius IK, M.Si dilaksanakan di pelataran Gaia Mall Kubu raya, Sabtu (25 Februari 2023). 

IWAPI ini merupakan wadah bagi pengusaha perempuan di Indonesia dengan misi menjadikan perempuan Indonesia mandiri secara ekonomi dan visi menjadikan IWAPI sebagai Organisasi Perempuan terbaik dan terbesar di tingkat Nasional dan Internasional. 

Pada tanggal 10 Februari 2023, IWAPI genap berusia 48 tahun, dimana untuk DPD IWAPI Kalimantan Barat sudah memiliki 10 DPC IWAPI Kabupaten/Kota dan sudah memiliki Dewan Pengurus Ranting sebanyak 13,  dari  Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah dengan anggota 800 perempuan yang 98% adalah UMKM.

Dalam laporannya, Ketua DPC IWAPI Kubu Raya, Fenty Noverita menjelaskan bahwa telah satu tahun menjadi Pengurus IWAPI Kubu Raya, dan hari ini dilaksanakan Ulang Tahun yang Pertama.

"Dalam rangkaian ulang tahun ini Kami sudah melaksanakan beberapa lomba yaitu, Lomba Fashion Show, lomba mewarnai, lomba menghias bekal, dan lomba tari pesan mendunia ciptaan Bupati Kubu Raya, Pelaksanaan Acara Workshop Entrepreneurship Muda  yang telah dilaksanakan pada tanggal 20 Februari lalu di Aula Garuda Gedung Serbaguna Kantor Gubernur Kalbar, dan pada hari ini Puncak Acara Ulang Tahun yang dirangkai dengan UMKM Award IWAPI Kubu Raya, dan terakhir akan melakukan Kunjungan Stunting di lima Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya," terangnya.

Pada kesempatan ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat mengungkapkan atas nama pemerintah provinsi Kalimantan Barat, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada organisasi DPC IWAPI Kabupaten Kubu Raya yang telah berinisiatif menggairahkan dunia usaha pasca Pemberhentian, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seperti tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2022 tanggal,  30 Desember 2022. 

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat mendukung prakarsa penyelenggaraan Workshop Entrepreneurship Muda yang bertajuk Kubu Raya Menanjak, dan UMKM serta kegiatan IWAPI semacam ini, agar mengurangi kekhawatiran Rakyat Kalimantan Barat terhadap kesulitan ekonomi yang sedang melanda dunia", ungkap Asisten II Sekda Prov. Kalbar. 

Dirinya juga mengapresiasi DPD IWAPI Provinsi Kalimantan Barat dan DPC IWAPI Kabupaten Kubu Raya yang fokus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap UMKM di Kalimantan Barat agar para pelaku usaha bertumbuh kembang, maju dan berkembang kinerjanya di Provinsi Kalimantan Barat. 


"Pemerintah Daerah akan terus mendorong dalam rangka terciptanya lapangan kerja dan ketahanan ekonomi di daerah khususnya dalam upaya meningkatkan kinerja UMKM di Provinsi Kalimantan Barat guna membentuk sumbangsih dan signifikan bagi peningkatan produk domestik bruto. Selamat kepada seluruh penyelenggara kegiatan dan para peserta lomba dan Workshop Entrepreneurship Muda yang diprakarsai DPC IWAPI Kabupaten Kubu Raya,  teruslah berkarya dan berinovasi bagi pertumbuhan ekonomi dan gairah berusaha di Kalimantan Barat, Semoga Perekonomian di Provinsi Kalimantan Barat semakin maju dan bertumbuh kembang", tutup Ignasius.. 

Sementara itu Direktur Kepatuhan Bank Kalbar, R.S.M. Al Amin, B.A., S.E.,M.E,, mengungkapkan bahwa Kami dari Bank Kalbar ikut berpartisipasi mendukung kegiatan IWAPI Kubu Raya.

"Kami berharap tidak hanya sampai disini saja, baik IWAPI Kubu Raya dan Lainnya kita bisa berkolaborasi dan bersinergi, baik pengurus, anggota maupun binaannya", harapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kubu Raya, H.Muda Mahendrawan, S.H, M.Kn mengungkapkan bahwa sangat terkesan dan apresiasi atas transformasi yang dilakukan oleh IWAPI, menghadirkan dan melahirkan dari Perempuan yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak paham menjadi paham, dan yang kurang bahagia menjadi bahagia karena semuanya itu yang paling utama karena semua ukurannya adalah kebahagiaan.

"Sehingga kami berterima kasih kepada seluruh pengurus IWAPI yang terus memberikan ide-ide dan gagasan kepada semua elemen dan stakeholder yang lain. Saya juga berharap dengan organisasi IWAPI yang sudah puluhan tahun hadir di Republik Indonesia ini dan mudah-mudahan dari Kubu Raya ini akan melahirkan pengusaha-pengusaha perempuan yang mendunia yang membawa dampak langsung pada pengurangan pengangguran dan itu semua akan membahagiakan bagi generasi anak-anak kita termasuk industri pariwisata, industri ekonomi kreatif yang dihadirkan dalam HUT IWAPI ini banyak sekali memberi peluang pada anak-anak muda kita", tuturnya.

Tak lupa Wakil Ketua I DPD IWAPI Kalimantan Barat, Nanik Sawitri H, S.E, M.H, juga mengapresiasi kinerja DPC IWAPI Kubu Raya, walaupun masih berusia sangat muda, namun kinerjanya sudah berlari, telah banyak kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tentunya berkat bimbingan dan binaan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya

"Terima kasih  kami sampaikan kepada  Bapak Bupati maupun Ketua GOW yang terus mensupport kegiatan-kegiatan IWAPI Kubu Raya", katanya.

Acara Puncak HUT IWAPI Kabupaten Kubu Raya yang Pertama tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, Norasati A. Rani, Perwakilan dari DPC IWAPI Kabupaten / Kota se- Kalimantan Barat beserta Pengurus dan Jajarannya, Perwakilan Organisasi Wanita Seperti Ketua GOW Kabupaten Kubu Raya, Atzeby Yatu Lensi, Perwakilan dari Wanita Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya, Perwakilan Ketua Persit Kabupaten Kubu Raya, Direksi GAIA Mall, hingga para peserta Lomba dan Para Undangan yang hadir. (BP).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini