Binmas Polsek Boyan Tanjung Aktif Cegah Kenakalan Remaja

Editor: Redaksi author photo

Binmas Polsek Boyan Tanjung Aktif Cegah Kenakalan Remaja
KALBARNEWS.CO.ID (PUTUSSIBAU) - Kanit Binmas Polsek Boyan Tanjung Polres Kapuas Hulu Bripka Heri Gunawan bersama anggota Polsek Boyan Tanjung melaksanakan penyuluhan tentang kenakalan remaja di SMP Negeri 04 Boyan Tanjung yang terletak di Desa Delintas Karya Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (30 Januari 2023).

Dengan didampingi Kepala Sekolah dan beberapa dewan guru, Bripka Heri Gunawan memberikan penyuluhan dan himbauan-himbauan kepada pelajar SMP Negeri 04 Boyan Tanjung yang dilaksanakan diruangan kelas sekolah tersebut. Salah satu materi yang disampaikan adalah kenakalan remaja dan akibat yang ditimbulkannya.

"Kenakalan remaja diakibatkan oleh kontrol diri yang lemah oleh remaja itu sendiri berdasarkan tingkat pengetahuannya yang tidak bisa mempelajari atau membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima," kata Bripka Heri Gunawan.

Selanjutnya Bripka Heri Gunawan menyampaikan penyebab kenakalan remaja yang paling mendasar adalah faktor lingkungan yang berpengaruh besar khususnya dilingkungan para remaja baik keluarga, sekolah bahkan sosial.

"Kita harus mewaspadai bentuk kenakalan remaja seperti bolos sekolah, berkelahi, pergaulan bebas, merokok serta minum-minuman keras yang disebabkan oleh faktor lingkungan," Kata Bripka Heri Gunawan yang sehari-hari menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Boyan Tanjung

Ditempat terpisah, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K., melalui Kapolsek Boyan Tanjung AKP Dony mengatakan bahwa perlu kerjasama antara orang tua dan guru untuk memberikan pemahaman, motivasi atau bimbingan tentang bahaya kenakalan remaja kepada anak serta pengawasan baik dirumah maupun disekolah demi menjamin masa depan anak yang lebih baik.

Kemudian AKP Dony menambahkan perlunya mengarahkan anak - anak untuk melakukan kegiatan positif seperti terlibat dalam lingkungan remaja masjid, aktif dibidang seni dan olahraga dan bentuk kegiatan positif lainnya sebagai wujud pengendalian aktivitas anak agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas.

"Harapannya remaja dapat membetuk ketahanan diri agar tidak terpengaruh oleh bahaya kenakalan remaja serta menerapkan rasa disiplin pada diri untuk menjadi anak yang bersuri tauladan dan setelah kegiatan penyuluhan ini, para pelajar dapat memberikan yang terbaik bagi orang tua, masyarakat, bangsa dan juga negara," harap AKP Dony. (Tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini