Bakti Terhadap Masyarakat Terus Dilakukan UNU Kalbar

Editor: Redaksi author photo

Kuliah Lapangan dan PKM UNU Kalbar di SMKN 1 Sunga Raya
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Bakti terhadap masyarakat terus dilakukan UNU Kalbar. Kali ini datang dari dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian. Mereka menggelar Kuliah Lapangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya, Rabu (29 Januari 2023).

“Kubu Raya memiliki sembilan kecamatan, terkenal dengan hasil pertaniannya. Namun, sangat lemah dalam pemasaran. Dari kenyataan inilah kami mencoba melakukan kuliah lapangan dan PKM,” kata Ketua PKM Agribisnis Faperta UNU Kalbar, Nidya Ramdhani Putri SP MM di kampusnya, Minggu (29 Januari 2023). 

Kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa Prodi Agribisnis semester tiga. Sementara pesertanya siswa Prodi Agribisnis Pengolah Hasil Pertanian SMKN 1 Sungai Raya. “Dalam kuliah itu, kita mencari solusi terhadap persoalan pemasaran pertanian di Kubu Raya. Dari solusi tersebut kita akan sampaikan ke pihak berkompeten baik pemerintah daerah, penyuluh pertanian,  kelompok tani, maupun pihak yang terlibat dalam pemasaran pertanian,” jelas Nidya yang didampingi rekannya, Marhamah ME.

“Kegiatan seperti ini sangat baik dilakukan agar siswa bisa menambah wawasan soal bisnis pertanian. Dengan harapan saat di lapangan nanti, para siswa bisa berkolaborasi dengan para petani dalam memasarkan hasil pertanian,” tambah Nidya. 

Dari kegaitan itu diharapkan sinergi pemanfaatan teknologi digital memberikan manfaat  sangat besar terhadap petani, pedagang, dan masyarakat. Kondisi ini akan menciptakan mata rantai pemasaran hasil pertanian semakin luas. 

“Pemanfaatan teknologi digital di era globalisasi sangat diperlukan oleh masyarakat khususnya pelaku di sektor pertanian. Bukan hanya di desa, namun di kota juga mebutuhkannya. Dengan demikian pemasaran hasil pertanian dapat meluas jangkauannya,” tutup Nidya. (Tim Liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini